Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memento Mori "Ingat Akan Hari Kematian" | Renungan Motivasi Kristen

 

www.motivasikristen.com

Memento Mori (Ingat Akan Hari Kematianmu)

Sahabatku. Mendengar kata MEMENTO MORI pasti Anda sedikit bingung dengan kedua kata tersebut.

Memento Mori adalah bahasa latin yang memiliki arti “Ingat Akan Kematian”. Kata ini pertama digunakan pada abad pertengahan oleh para filsuf.

Seperti Plato dan Socrates, kedua Filsuf tersebut merupakan pencetus ide atau gagasan tentang Hari kematian yang kemudian dibahasa gaulkan menjadi “Memento Mori”

Dengan mengerti arti kedua kata tersebut, kita pasti akan sedikit kawatir akan hidup ini, khususnya kita sebagai orang percaya.

Alkitab dengan jelas juga mengatakan bahwa “Hidup seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap” (Yakobus 4:14b).

Maksud dari Memento Mori memiliki relevansi dengan apa yang dituliskan oleh Rasul Yakobus, dengan mengingatkan kita bahwa hidup di dunia tidaklah kekal atau hanya sementara.

Lalu, apakah yang harus kita bangga dan sombongkan di dunia ini sahabatku? Semua percuma dan tidak ada gunanya.

Mobil mewah, uang banyak, rumah yang indah, aset berharga, iri hati dan dengki semua akan lenyap dan tidak abadi.

Mari mencobalah berpikir lebih dalam lagi atau Anda harus benar-benar memaknai arti Memento Mori.

Sahabatku. Banyak orang yang hidup dalam kesombongan dan keserakahan karena mereka jarang sekali memikirkan hari kematian.

Saya begitu percaya bahwa jika kita selalu memikirkan kematian kita, maka kesombongan dan keserakahan akan sedikit sulit kita praktekkan.

Ya, ini karena kita memikirkan perkara-perkara di atas bukan dibumi. Oleh sebab itu sebagai orang percaya marilah terus memikirkan hari kematian kita.

Tutur kata, pikiran dan tingkah laku kita pasti digunakan sebaik mungkin, karena kita selalu mengingat pada hari kematian.

Inilah kunci untuk hidup kudus, suci dan bersih, maka sebagai orang percaya perbiasakanlah diri kita untuk selalu memikirkan hari kematian kita.

Sahabatku.  Pesan  dari saya adalah gunakanlah hari-hari hidupmu sebaik mungkin, jadilah teladan dalam setiap tugas dan tanggung jawabmu.

Jadilah orang percaya yang mampu menunjukkan teladan Kristus dalam setiap aktivitas kita. Percayalah, jika kematian terjadi, nama kita akan disebutkan ada dalam kerajaan Sorga. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.


Posting Komentar untuk "Memento Mori "Ingat Akan Hari Kematian" | Renungan Motivasi Kristen"