Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rasa Ingin Tahu Tentang Yesus Itu Penting | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

RASA INGIN TAHU TENTANG YESUS ITU PENTING

Bacaan Alkitab : (Lukas 19:4)

“Maka berlari ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat disitu”

Sahabatku yang terkasih, memiliki rasa ingin tahu itu sangat penting. Karena sesuatu yang belum kita ketahui, kita akan berusaha bagaimana caranya agar bisa tahu.

Namun terkadang rasa ingin tahu yang kita miliki dapat menjerumuskan kita pada hal-hal yang tidak menyenangkan hati Tuhan.

Tetapi jika rasa ingin tahu kita berfokus pada pengenalan akan Tuhan maka kita akan mengalami hal yang dahsyat dari Tuhan.

Dalam bacaan Alkitab (Lukas 19:1-10) kita bisa melihat bagaimana Zakheus diubahkan karena rasa penasaran atau ingin tahu akan Yesus.

Melihat sekilas tentang siapa Zakheus, Zakheus adalah seorang kepala pemungut cukai. Seorang kepala menunjukan bahwa dia adalah seorang pemimpin yang mengepalai pemungut-pemungut cukai lainnya.

Zakheus mempunyai kedudukan yang sungguh terhormat, ia adalah seorang yang kaya karena sudah mengumpulkan begitu banyak harta.

Karena Zakheus mempunyai rasa keingintahuan yang besar untuk melihat Yesus, Zakheus melupakan harga dirinya sebagai kepala pemungut cukai.

(Lukas 19: 4) “Maka berlari ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat disitu”. Perhatikan orang yang tulus ingin melihat Yesus akan menggunakan berbagai cara untuk bisa melihatnya.

Zakheus rela malu, menerjang segala kesulitan dan tantangan serta rela menderita untuk melihat Yesus.

Sehingga dari rasa ingin tahu yang dimilikinya akhirnya Yesus mau menumpang dalam rumahnya.

Dan ketika Zakheus menerima Yesus untuk menumpang di rumahnya dengan penuh sukacita dan kerendahan hati, Zakheus dan seisi rumahnya mengalami keselamatan yang besar.

Sahabatku yang terkasih, ketika kita mau menerima Yesus tinggal dalam kehidupan kita, iblis tidak akan senang sehingga dia bisa pakai siapa saja untuk membuat kita merasa tidak layak (Lukas 19:7)

“Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut- sungut, katanya  “Ia menumpang di rumah orang berdosa”.

Tetapi jika hati kita sungguh-sungguh menerima Yesus kita akan melihat bahwa Kasih Yesus dapat melampaui segala dosa dan pelanggaran kita.

Zakheus hanya ingin melihat Yesus tetapi Yesus memanggil dan menumpang di rumahnya. bahkan Zakheus  disambut untuk berbincang-bincang dengan Yesus sehingga keselamatan yang besar terjadi atas seluruh rumahnya.

Begitu pun dengan kita, memiliki rasa ingin Tahu untuk mengenal Yesus maka Dia akan masuk dan tinggal dalam kehidupan kita.

Terkadang kita seperti itu, kita datang beribadah hanya karena rasa penasaran, penasaran siapa pemimpinnya, siapa pengkhotbahnya atau hanya sekedar datang saja karena sebuah rutinitas.

Semua yang kita lakukan hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu kita seperti yang dilakukan Zakheus.

Tetapi tanpa kita sadari dari rasa ingin tahu itulah hati nurani kita malah terbangun dan dapat diubahkan saat Yesus memanggil.

Sahabatku yang terkasih, sebagai orang muda rasa ingin tahu yang kita miliki sangatlah besar namun jangan sampai kita menggunakannya untuk mencari tahu hal-hal yang membuat kita kehilangan sukacita dan damai sejaterah atau dapat membuat kita terjerumus dan hidup dalam dosa.

Tetapi milikilah rasa ingin tahu yang besar untuk mengenal Yesus sehingga kita dapat melihat hal-hal yang dahsyat dan luar biasa yang akan Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Doa:

Ya Tuhan. Berikanlah aku rasa ingin tahu yang besar untuk lebih mengenal-Mu lagi.

 


Posting Komentar untuk "Rasa Ingin Tahu Tentang Yesus Itu Penting | Renungan Motivasi Kristen "