Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Jalan Kematian 12 Murid Yesus Berdasarkan Fakta Sejarah | Motivasi-Kristen

motivasikristen.com

Syalom sahabat Motivasi Kristen bagaimana kabar anda saat ini? Semoga anda semua masih ada dalam kasih dan pertolongan dari Tuhan kita.

Pada kesempatan ini, penulis akan mencoba memberikan salah satu informasi seputar kisah jalan kematian dua belas murid Tuhan Yesus.

Tahukah anda, kisah jalan kematian Rasul Tuhan atau murid-murid Yesus sangatlah menyedihkan. Menurut fakta sejarah, mereka semua mati martir, mereka mempertahankan keyakinan kepada Yesus Kristus.

Bahkan sejarah mengatakan bahwa detik-detik menuju kematian, mereka tetap mempertahankan kenyakinan, atau tidak sama sekali goyah iman, padahal kematian telah di depan mata. 

Nah, berikut kisah jalan kematian dua belas murid Tuhan Yesus. 

1. Simon Petrus

Fakta menjelaskan bahwa Rasul Petus mati dengan cara disalibkan dengan kepala ke bawah. 

Bukti ini sangatlah kuat, karena ditulis langsung oleh seorang penulis Kristen mula-mula yaitu Hegesippus. 

Awal mula kisah ini terjadi ketika Petrus telah tua, dan kaisar Nero merencanakan untuk membunuh Petrus. 

Setelah Petrus ditangkap dan dibawah ketempat kemartiran, ia meminta disalibkan secara terbalik, hal ini dikatakan Petrus karena merasa tidak layak untuk disalibkan dengan posisi yang sama seperti Yesus Kristus. 

2. Andreas

Rasul Andreas jalan kematiannya sama seperti Rasul Petrus, namun ia disalibkan berbentuk X. Awal mula kematiannya adalah ketika ia memberitakan Firman Tuhan kepada bangsa-bangsa Asia.

Sebelum Andreas meninggal, ia disiksa oleh tujuh tentara dan kemudian diikat dan disalibkan, Salah satu anak murid dari Rasul Andreas mengatakan bahwa kematian Rasul Andreas dengan cara disalibkan adalah cita-citanya pada saat masih hidup.

Hal ini karena bisa langsung merasakan sakitnya disiksa sama seperti Yesus. Bahkan detik-detik kematiannya Andreas selalu memohon ampun kepada orang-orang yang telah menyiksa dan membunuh dirinya. 

3. Bartolomius

Bartolomius adalah Rasul yang memberitahkan injil sampai pada negara-negara di benua Asia, seperti Turki dan India.

Kemudian ia banyak juga menerjemahkan Injil Matius ke dalam bahasa India timur. Jalan kematian Rasul Bartolomius adalah dia dibenci oleh bangsa kafir, kemudian dipukuli dan disalibkan di Armenia.

4. Tomas

Rasul Tomas adalah rasul yang dikenal sebagai rasul yang memiliki iman kecil pada saat Yesus masih ada di dunia.

Namun pada saat Yesus telah terangkat ke Sorga dan memberikan Roh Kudus kepada mereka, Rasul Tomas menjadi seorang yang sangat percaya dan menjadi murid Yesus yang menyebarkan Firman Tuhan sampai  ke Persia, Parthia dan India.

Jalan kematiannya sungguhlah tragis, dimana ia disiksa oleh orang kafir yang marah, tubuhnya ditusuk tombak kemudian mayatnya dilempar kedalam nyala api yang besar.

5. Matius

Rasul Matius adalah Rasul yang kematiannya kurang terlalu diceritahkan oleh penulis Kristen mula-mula.

Namun banyak yang mengatakan bahwa kematian Rasul Matius dengan cara disiksa dan dipenggal tubuhnya dengan pedang di daerah Ethiopia.

6. Filipus

Rasul Filipus mati tepat pada 10 tahun kematian Rasul Yakobus, pada Tahun 54 Masehi. Rasul Filipus mati dengan cara dicambuk kemudian dipenjara, dan pada akhirnya ia disalibkan di daerah Phrygia. 

7. Yohanes

Rasul Yohanes adalah Rasul yang paling dikasihi oleh Tuhan Yesus. Fakta menjelaskan bahwa kematiannya sangatlah berbeda dengan murid-murid yang lain.

Dimana ketika ia ditangkap di Efesus dan dibawah ke Roma kemudian dilemparkan ke tempat penggorengan yang diisi minyak yang mendidih. Namun ia selamat karena mengalami mukjizat Tuhan. 

Tuhan masih memakainya untuk misi pelayanan. Setelah kejadian tersebut kemudian ia dilepaskan dan dibuang ke pulau Patmos.

Setelah berada di pulau tersebut, ia menulis Kitab Wahyu, dan pada tahun 98 Masehi ia meninggal, Rasul Yohanes merupkan satau-satunya murid Tuhan Yesus yang tidak mati dengan mengerikan.

8. Yakobus.

Yakobus merupakan salah satu murid Yesus yang paling setia dalam mengikuti Yesus dalam misi pelayanan.

Ia juga sempat menjadi pimpinan Gereja di Yerusalem (Kisah Para rasul 12:27). Memang kisah kematiannya tidak diketahui secara pasti.

Namun Hegesippus yang merupakan penulis Kristen awal menjelaskan bahwa jalan kematian Yakobus  adalah ia dilemparkan dari menara bait Allah pada tahun 66 Masehi.

9. Simon Orang Zelot

Mungkin nama Simon orang Zelot terdengar asing ditelinga kita, namun setelah Yesus terangkat ke Sorga, ia menjadi salah satu murid pemberani.

Hal itu dibuktikan dengan misi pelayanannya yang sampai pada daerah Maurtania, Africa, dan juga Britania.

Fakta menjelaskan akhir hidupnya dengan cara disalibkan pada tahun 74 Masehi.

10. Tadeus

Tadeus alias Yudas saudara Yakobus tidaklah terlalu banyak diceritahkan dalam Alkitab.

Jalan kematiannya seperti sahabat-sahabat lainnya. Dimana ia disalibkan di Edessa, kota Kubo Mesopotamia tahun 72 Masehi.

11. Yakobus Anak Zebedeus

Yakobus Anak Zebedeus yang merupakan kaka Rasul Yohanes merupakan murid pertama yang dipanggil Yesus untuk menjadi murid-Nya.

Ia adalah Rasul pertama Yang menjadi mati martir (Kisah Para Rasul 12:2). Alkitab mencatat, ia dihukum mati sekitar tahun 44 Masehi atas perintah raja Herodes Agrippa I dari Yudea dengan cara dipenggal kepalanya.

Penulis ternama pada zaman itu Calmens Alexandrius menuliskan bahwa ketika Yakobus dibawa menuju tempat eksekusinya, keberaniannya luar biasa. 

12. Matias

Matias adalah Rasul yang mengantikan Yudas Iskariot, jalan kematiannya berupa ia dirajam dengan batu di daerah Yerusalem sampai mati. 

Ia rela dilakukan hal tersebut karena tidak berani menghianati dan mengingkari Yesus.

Nah, itu dia kisah jalan kematian dari kedua belas murid Yesus Kristus, sebagai penguatan bagi kita semua yang telah membaca tulisan ini, mari kita membaca salah satu ayat Firman Tuhan yang dikatakan langsung oleh Yesus.

"Aku berkata kepadamu; Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah." (Lukas 12:8). Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. 


Post a Comment for "Kisah Jalan Kematian 12 Murid Yesus Berdasarkan Fakta Sejarah | Motivasi-Kristen "