Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rahasia Menjadi Istri Berkarakter Yesus | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

7 RAHASIA MENJADI ISTRI BERKARAKTER YESUS

Bacaan Alkitab: (Efesus 5:22-24)

“Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan. Karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian juga isteri kepada suami dalam segala sesuatu.”

 

Saudaraku yang terkasih. Apakah saat ini anda telah memiliki karakter Yesus dalam menjalani kewajiban anda sebagai seorang istri? Atau justru perilaku anda bertantangan dengan Karakter Yesus? Coba lihatlah diri anda saat ini, apakah harus digantikan secara total atau hanya puing-puing kecil yang harus anda benahi untuk menjadi istri yang berkarakter Yesus.

Saudaraku yang terkasih. Dalam berumah tangga salah satu yang penting yaitu memahami prinsip cara menjadi istri yang baik menurut Kristen. Karena dalam firman Allah diberikan bahwa langkah-langkah menjadi istri yang baik memang tidak mudah. Tetapi tidak ada yang mustahil selama kita berusaha, berdoa, dan berserah pada Allah. Lantas apakah yang dapat kita lakukan untuk dapat menjadi istri yang berkarakter Yesus.

Pertama taat kepada suami:

Seorang istri yang berkenan di hadapan Allah yaitu mereka yang taat dan tunduk kepada suaminya. Seperti yang tertulis dalam alkitab bahwa seorang istri memiliki kewajiban untuk tunduk di bawah otoritas suami, apapun keadaan yang dimiliki oleh suaminya. Oleh karena itu sebagai pendamping suami yang baik seorang istri harus terus taat dan melakukan apa yang diperintahkan suami kepadanya.

Kedua memiliki rasa hormat:

Seorang istri juga memiliki kewajiban untuk menjaga rasa hormat pada suami. Sehingga dengan demikian maka rumah tangga yang dibangun akan jauh dari resiko perzinahan menurut Alkitab atau tidak setia kepada pasangan. Karena salah satu hal yang memicu dosa adalah saat istri tidak dapat hormat kepada suami.

Ketiga bersikap sabar:

Dalam kesabaran ada buah-buah Roh Kudus yang dinyatakan. Sehingga dengan demikian Tuhan akan melihat hal tersebut dan memberi kebaikan pada rumah tangga yang dijalani. Jika ada masalah yang diperhadapkan, disinilah kesabaran seorang istri benar-benar diuji, jika mampu mengatasi dengan kesabaran maka rumah tangga akan ada pada jalur yang benar dan aman.

Keempat penuh kasih:

Seorang istri hendaknya juga penuh kasih kepada suami. Karena inilah yang menjadi dasar dari ketaatan dan rasa hormat pada suaminya. Dengan membangun prinsip kasih tentang Alkitab dan cinta yang berasal dari Allah, maka akan lebih mudah menjadi istri sesuai dengan firman dan kehendak Allah pada wanita Kristen yang sejati.

Kelima pekerja keras:

 Istri hendaknya juga bekerja keras dalam tanggung jawabnya mendukung suami bagi keluarga. Seperti misalnya mendidik anak dan memastikan seluruh rumah dan sisinya berjalan dengan baik. Hal ini memang butuh rasa kesabaran dan keikhlasan yang tinggi. Karena itu selalu berdoa dan minta tujuan karunia Roh Kudus untuk dapat menguatkan hati seorang istri dalam melayani keluarganya.

Keenam mengayomi:

Istri yang baik akan berusaha mengayomi anak-anaknya dan mendidik mereka penuh ketaatan dan takut akan Tuhan. Mengedepankan kasih sehingga sanggup memberikan perlindungan pada anak-anak, dan memberikan lebih banyak perasaan damai dan tenang pada seisi keluarga.

Ketujuh berjaga-jaga:

Menjadi istri yang baik dalam Kristen termasuk mampu berjaga-jaga, baik dalam keadaan apapun. Sehingga tiba saat terburuk akan selalu siap mendukung langkah suami dan tetap taat. Karena itu selalu minta karunia Roh Kudus untuk memberikan kebijaksanaan untuk menjadi istri yang dikehendaki Allah.

Saudaraku yang terkasih. Demikianlah tujuh rahasia menjadi istri yang baik menurut ajaran Kristen. Dengan berusaha untuk menjadi istri yang sesuai firman Tuhan, tentunya rumah tangga yang dibangun dalam prinsip dasar pernikahan Kristen akan menjadi rumah tangga yang diberkati oleh Tuhan setiap waktu. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Doa: Ya Tuhan. Jadikanlah hambamu ini, hamba yang memiliki karakter Yesus dalam menjalani tugas dan kewajiban sebagai seorang istri.


1 komentar untuk "7 Rahasia Menjadi Istri Berkarakter Yesus | Renungan Motivasi Kristen "

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.