Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluarga Sebagai Tempat Berbagi Berkat | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

KELUARGA SEBAGAI TEMPAT BERBAGI BERKAT

Bacaan alkitab: (Mazmur 128:3-4)

“Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu! Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan Tuhan.” 

Saudaraku yang terkasih. Apa maksud keluarga sebagai tempat berbagi berkat? Keluarga dapat diartikan sebagai persekutuan antar pribadi yang intens; antar pasangan, antar orang tua dan antar generasi. Karena itu, keluarga merupakan suatu komunitas yang harus dijaga kelangsungan hidupnya selama kita masih diberikan kesempatan dari Tuhan.

Lembaga keluarga memiliki fungsi pokok dalam memenuhi kebutuhan biologis, emosional, sosial ekonomi, dan pendidikan. Lembaga keluarga merupakan salah satu dasar lembaga sosial. Banyak keluarga berjuang membangun  keluarga yang rukun dan damai di tengah perjuangan dengan membangun ekonomi keluarga yang semakin baik. Sering kali masalah ekonomi menjadi pemicu ketegangan dalam keluarga, di samping masalah lainnya. Mendapatkan keturunan juga sering menjadi sumber ketegangan dalam keluarga.

Sebagai umat beriman, kita dapat belajar dari Abraham dan keluarga kudus dalam mempersembahkan diri untuk melayani Tuhan dan sesama. Iman Abraham dan Sara memperoleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu walaupun telah lewat usianya. Karena ia yakin bahwa Allah memberikan janji bagi orang yang setia kepada-Nya.

Demikian juga penyerahan diri Yusuf dan Maria kepada rencana Allah, membuahkan keselamatan bagi seluruh umat manusia. Karena kesetiaan dalam iman, membuahkan hidup yang sungguh bermanfaat bagi keselamatan umat manusia.

Sebagai umat beriman, kita dapat hadir di tengah dunia yang sedang menghadapi masa sulit pada saat ini. Kehadiran keluarga untuk berbagi kepada sesama dapat menjadi tanda kehadiran Allah yang solider, Allah yang menyertai umatnya.

Saudaraku yang terkasih. Mari menjadikan keluarga kita sebagai tempat untuk saling berbagi rasa, saling memperhatikan, saling menyayangi, dan membantu satu sama lainnya. Sehingga keluarga kita sungguh menjadi tubuh Yesus Kristus untuk melaksanakan tugas panggilan menyatakan kasih Allah, baik di dalam maupun di luar keluarga. Sebagai umat beriman, hendaknya kita dapat menjadikan keluarga kita sebagai tempat berbagi berkat untuk sesama.

Hidup di dunia moderen ini, memang terasa sulit untuk membagi berkat bagi orang lain. Apalagi kita kita diperhadapkan dengan dua pilihan antara memberi ataukah menyimpan untuk kelangsungan hidup kita di masa yang akan datang.

Pada posisi atau keadaan seperti ini, kebanyakan manusia gagal dalam ujian tersebut. Artinya bahwa banyak orang percaya yang rela membiarkan saudara seimannya ada dalam masalah, atau lebih baik menyimpan harta atau sesuatu yang dimiliki. Sebagai orang percaya kita harus memiliki iman kepada Yesus dengan sungguh-sungguh. Lewat iman yang sempurna, maka kita tidak lagi menahan kebaikan bagi orang yang membutuhkan pertolongan.

Saudaraku yang terkasih. Pernakah anda membayangkan hidup anda akan menjadi berkat bagi orang lain? Atau apakah keluarga anda sering berembuk untuk menjadi berkat bagi orang lain? Sebagai keluarga Kristen kita harusnya memiliki pola pikir yang seperti itu. Artinya bahwa jika keluarga kita memiliki sesuatu yang berlebihan, pikiran kita hendaknya terkoneksi dengan isi Firman Tuhan. Hal ini bertujuan supaya kita mampu menjadi penolong atau pemberi berkat bagi saudara-saudara seiman kita. “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.” (Galatia 6:9-10).

Memang rasanya sulit untuk memberikan sesuatu bagi orang lain di masa hidup sekarang ini, namun inilah perintah Tuhan kita. Satu hal yang harus kita yakini dan aminkan adalah berkat Tuhan akan senantiasa mengalir apabila keluarga kita dapat terus menjadi berkat bagi orang lain. “Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.” (Amsal 22:9). Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Doa: Ya Tuhan. Kuasailah pikiran keluarga kami dengan Firman-Mu, sehingga keluarga kami dapat menjadi berkat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Keluarga Sebagai Tempat Berbagi Berkat | Renungan Motivasi Kristen "