Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Utamakan Mencintai Tuhan | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

UTAMAKAN MENCINTAI TUHAN

Bacaan Alkitab: (1 Yohanes 4:7-8)

“Saudara-saudaraku yang terkasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barang siapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.”

Saudaraku yang terkasih. Tahukah anda mengapa kita harus lebih dahulu mencintai Tuhan dibandingkan suami kita? Karena cinta kepada Tuhan akan membawa pola hidup kita ke arah yang benar sesuai Firman Tuhan. Atau lewat mencintai Tuhan maka segala pola pikir kita akan fokus pada kehendak Tuhan. Sehingga kecintaan kepada suami juga akan menjadi pola hidup yang sebenarnya sama seperti kita mencintai Tuhan.  

Cinta adalah dasar dan kekuatan yang memampukan manusia untuk membangun relasi dengan sesamanya. Salah satu relasi tersebut adalah relasi cinta suami istri. Cinta membuat suami istri mampu untuk saling memberikan diri secara total. Suami-istri kristiani memiliki khas tersendiri dalam relasi persekutuan cinta mereka. Mereka saling mencintai bukan hanya karena dorongan perasaan manusiawi tetapi juga karena rencana dan kehendak Allah Tritunggal. Dia menciptakan mereka karena cinta-Nya dan memanggil manusia untuk mencintai.

Panggilan itu terangkum dalam perintah Kristus yaitu, cintailah Tuhan Allahmu dan cintailah sesamamu. Suami-istri kristiani menjalankan perintah ini secara khas dalam relasi cinta mereka. Mereka mencintai Tuhan dan sesama dalam diri pasangannya. Cinta Tuhan adalah cinta yang setia. Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus yang hidup dalam persekutuan cinta yang kekal. Walaupun manusia sering tidak setia, tetapi Tuhan Allah Tritunggal selalu dan tetap setia dalam cinta-Nya.

Saudaraku yang terkasih. Kesetiaan Tuhan memiliki karakter kekal dan abadi. Dosa dan maut sekalipun tak mampu menghalangi cinta Tuhan kepada manusia. Karena itulah, karakter cinta suami istri kristiani itu tak terceraikan dalam pemberian diri yang total. Pemberian diri ini menjadi tugas sekaligus panggilan hidup mereka. Kesadaran panggilan untuk saling mencintai, seperti Tuhan mencintai umatnya, masih sangat kurang dalam diri pasangan suami istri kristiani. Mereka lebih terpengaruh dengan teori dan gagasan cinta yang duniawi seperti yang ditampilkan dalam film-film atau juga novel-novel cinta yang mengharukan. Akhirnya, mereka lebih cenderung menghayalkan kehidupan cinta yang sarat dengan kebahagiaan dan kenikmatan duniawi.

Mereka lupa kepada idealisme persekutuan mereka, yakni persekutuan cinta Allah Tritunggal. Tidak mengherankan bila hal itu kemudian menjadi penyebab keretakan-keretakan dalam hidup rumah tangga mereka.

Saudaraku yang terkasih. Kita harus mengetahui bahwa Cinta suami dan istri bukanlah gagasan dan rencana manusiawi saja melainkan merupakan rencana dan kehendak dari Allah Tritunggal. Persekutuan cinta antara suami dan istri Kristiani memiliki model yang sempurna dan indah dalam persekutuan Pribadi-Pribadi Allah Tritunggal.

Suami dan istri berziarah bersama untuk mencapai idealisme hidup mereka yakni persekutuan kasih yang sempurna, sebagai tanda partisipasi mereka dalam cinta Tuhan. Bahkan cinta antara suami istri adalah cinta yang memberikan seluruh diri secara total dan setia hingga kematian yang memisahkan mereka. Bahkan suami dan istri  juga harus turut ambil bagian dalam misi Gereja untuk membangun Kerajaan Allah di tengah-tengah masyarakat.

Saudaraku yang terkasih. Yang Tuhan inginkan dari setiap rumah tangga adalah saling mencintai dan mengasihi. Suami mengasihi istri dan istri mencintai suami. Dalam pola hidup seperti ini, saya percaya bahwa tidak akan ada keluarga Kristen yang mengalami keretakan dalam rumah tangganya. Sekali lagi saya tegaskan, utamakan mencintai Tuhan. Jika keluarga memiliki cinta yang tulus kepada Tuhan, maka cinta Tuhan juga akan sepenuhnya mengalir dalam setiap rumah tangganya. Inilah suatu kepastian bagi setiap orang percaya. Karena itu, marilah senantiasa mencintai Tuhan setiap saat. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Doa: Ya Tuhan. Penuhilah hambamu ini dengan Firman-Mu, supaya hambamu ini memahami perintah-Mu setiap saat.

Posting Komentar untuk "Utamakan Mencintai Tuhan | Renungan Motivasi Kristen "