Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadilah Baik Setiap Hari | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

JADILAH BAIK SETIAP WAKTU 

Bacaan Alkitab: (Mazmur 37:3)

“Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia.”

Saya percaya kita semua ingin sekali menjadi yang terbaik setiap hari dalam kehidupan kita, baik menjadi anak, suami, istri, serta orang tua yang baik, tetapi kadang kala kenyataannya tidaklah demikian, artinya bahwa sering kita malah melakukan kesalahan yang membuat orang-orang terdekat kita menjadi terluka dan bersedih, bahkan Tuhan. Hal ini tentunya pasti terjadi. Ya, mungkin karena keterbatasan dan kelemahan kita sebagai manusia. Alasan inilah yang sering membuat manusia menutupi berbagai kesalahan yang dirinya telah lakukan. Tentu sangatlah tidak baik, jika terus melakukan kesalahan-kesalahan yang sama setiap hari bagi orang-orang terdekat kita. 

Jika dahulu sampai sekarang, kita masih menjadi orang yang berbuat kesalahan, maka sudah pantasnya kita meninggalkannya, jika dahulu kita adalah seorang pemabuk, pencandu sex bebas, pemakai narkoba, suka mengeluarkan kata-kata kotor, maka  baharui diri kita.

Jadilah baik setiap hari dengan melakukan suatu kebenaran untuk menyenangkan hati Tuhan Yesus, baharui diri dan menjadi lebih baik tentunya merupakan suatu kebaikan bagi kehidupan kita. Rasul Paulus mengingatkan kita dalam Kitab. (1 Timotius 4:12b). "Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu,  dalam kesetiaan dan dalam kesucianmu."

Maksud dari Tulisan Rasul Paulus adalah memberikan pengertian bahwa orang yang mempunyai status pengikut Kristus harus benar-benar menjadi baik setiap hari. Menjadi baik setiap hari adalah suatu keharusan bagi orang percaya, sebab Kristus telah melakukannya terlebih dahulu. “Jahuilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, maka engkau akan tetap tinggal untuk selama-lamanya.” (Mazmur 37:27).

Memang benar untuk menjadi lebih baik setiap hari kenyataannya sedikit sulit, tidak terjadi dengan cepat jika ingin melakukannya, tetapi ingatlah, jika kita ingin bersungguh-sungguh menjadi yang terbaik bagi Yesus atau menyadari bahwa hidup ini milik Yesus. Itu berarti kuasa Roh Kudus akan menyelimuti hati dan pikiran kita untuk menjadi yang terbaik dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang dimaksud adalah hati dan pikiran akan terus terkoneksi dengan Firman Tuhan, apa pun yang ingin dilakukan,  semua akan dilakukan berdasarkan kata Firman Tuhan.

Belajarlah dari Amos. Tidak banyak yang begitu akrab dengan dirinya. Amos adalah orang biasa yang bekerja sebagai pengembalah dan kolektor buah ara. Amos dipakai Tuhan untuk memberitahukan dan menyatakan kebenaran firman Tuhan kepada umat Israel. Tentu saja Tuhan tidak sembarang memilihnya untuk memberitahukan kebenaran. Tetapi Tuhan memilihnya karena ia adalah orang benar, yang selalu takut akan Tuhan setiap waktu. “Hai kamu yang mengubah keadilan menjadi ipu dan yang mengempaskan kebanaran ke tanah.” (Amos 5:7).

Saudaraku, menjadi baik setiap waktu, dengan melakukan setiap tugas kita adalah suatu kewajiban yang mutlak, yang harusnya kita lakukan setiap hari. Itulah perintah yang harus dilakukan oleh semua orang percaya, yang kiranya dilakukan dengan ketulusan yang benar-benar mencintai Tuhan.

Pada akhirnya nanti buah dari perbuatan kita adalah suatu  hadiah yang spesial dari Tuhan. Yaitu berkat jasmani dan berkat keselamatan yang kekal akan menjadi bagian dalam kehidupan kita. Pergumulan dan masalah akan digantikan dengan sukacita yang sejati dari Dia yang adalah sumber kebahagiaan itu. “Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara Tuhan, Allahmu.”(Ulangan 28:2).

Doa: Ya Tuhan. Ajarilah hambamu ini, selalu menjadi baik dalam pikiran, perkataan, serta tindakan dalam hari-hari hidup yang dijalani.


Post a Comment for "Jadilah Baik Setiap Hari | Renungan Motivasi Kristen"