Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketekunan Menuju Keberhasilan | Motivasi-Kristen

jawaban.com

Bacaan Alkitab : 

1. (Yakbus 1:12)

"Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barang siapa yang mengasihi Dia.

2. (Galatia 6:9)

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akn menuai, jika tidak menjadi lemah."

Syalom saudara-saudara seiman dalam Kristus Yesus, pernakah anda tidak percaya bahwa ketekunan adalah kunci meraih suatu keberhasilan.?

Jika anda seperti itu, maka sudah saatnya anda memperbaharui diri, sebab ketekunan adalah suatu kunci meraih keberhasilan yang sejati.

Berikut ini 3 pertanyaan untuk meyakinkan kita semua bahwa ketekunan adalah kunci menuju keberhasilan.

1. Apa yang dimaksud dengan ketekunan.?

2. Bagaimanakah ketekunan dapat dibentuk.?

3. Bagaimanakah ketekunan dapat menjadi life style.?

Jawaban :

1. Ketekunan adalah suatu pola atau ciri hidup yang tetap setia walaupun banyak tantangan dan masalah datang menjumpai kehidupan seseorang.

Menurut KBBI Tekun adalah Kekerasan dan kesungguhan. Sehingga kesimpulannya adalah Ketekunan merupakan kesungguhan seseorang dalam melakukan sesuatu untuk mencapai masa depannya.

2. Untuk menumbuhkan perilaku tekun kita harus melewati poin berikut:

a. Melalui Kesengsaraan

Kesengsaraan yang dimaksud adalah masalah hidup yang kita peroleh, kadang Tuhan mengizinkan hal ini terjadi untuk membentuk diri kita agar menjadi tekun bagi Dia dan hidup kita. "Dan bukan hanya itu saja, kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan." (Roma 5:3). 

b. Melalui Ujian Iman

Ketekunan juga dapat dibentuk melalui pengujian iman, oleh karena itu sering Tuhan mengizinkan masalah dan pencobaan datang pada diri kita, agar kita dapat melatih diri sehingga bisa menjadi lebih giat dan tekun lagi. "Sebab kamu tahu, ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan." (Yakobus 1:3)


3. Menciptakan ketekunan untuk menjadi life style adalah suatu perilaku yang sulit, namun ada beberapa cara untuk bisa melakukannya.

1. Rendahkanlah Diri Dihadapan Tuhan

Rendah diri adalah suatu kunci agar ketekunan bisa menjadi life style, sebab jika kita merendahkan diri, maka kita sungguh menyadari Tuhan Yesus adalah sumber kehidupan kita. 

2. Senantiasalah Berdoa 

Berdoa adalah komunikasi dengan Tuhan, maka hanya melalui doa kita akan menjadi lebih tekun bagi Dia, ini pasti terjadi karena memang tuntunan Roh Kudus selalu hadir dalam hidup kita, sehingga apapun yang kita pikirkan, katakan, dan lakukan semua sesuai dengan kehendak Tuhan Yesus.

3. Penuhilah Pikiranmu Dengan Firman Tuhan 

Penuhi pikiran dengan Firman Tuhan adalah suatu cara terbaik agar ketekunan bisa menjadi gaya hidup atau kebiasaan kita, kita akan selalu melakukan kehendak Tuhan, itu semua dapat terjadi karena isi kepala kita telah dipenuhi oleh Firman Tuhan.

Kemungkinan melakukan dosa sangatlah sedikit, sebab iblis dan setan akan menjahui kita apabila Firman Tuhan telah menguasai diri kita.

Pesan kepada kita semua, bertekunlah dalam segala hal, maka Tuhan akan menjawab apa yang menjadi pergumulan dan tujuan kita.

"Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu." (Ibrani 10:36)

Percayalah bukan hanya kesuksesan duniawi yang kita peroleh, tetapi keberhasilan sorgawi juga akan menjadi milik kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. amin.

Post a Comment for "Ketekunan Menuju Keberhasilan | Motivasi-Kristen "