Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajarlah Mengampuni Kesalahan Sesamamu | Motivasi-Kristen

Sumber Gambar : jawaban.com

Seringkah kita mengampuni kesalahan orang lain? inilah suatu pertanyaan yang seharusnya tersimpan setiap detik dalam pikiran kita sebagai manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Sebab menjadi orang Kristen adalah hidup harus saling mengampuni satu sama lain.

Mengampuni artinya kita tidak menahan amarah atau dendam kepada orang yang telah menyakiti diri kita, atau kita tidak membalas perilaku mereka dengan perilaku yang bersifat kekerasan, baik secara fisik maupun secara psikis. 

Memang benar untuk mengampuni kesalahan orang lain, sangatlah sulit untuk dilakukan oleh kita, Namun apakah kesulitan menjadi alasan utama untuk tidak mampu mengampuni kesalahan orang lain.

Sobat Kristen, tentunya tidak, jika kita percaya dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan Yesus atau jika status kita sebagai pengikut Kristus, maka tugas kita adalah mengikuti semua kehendak Tuhan dalam hari-hari hidup kita. 

Mengampuni merupakan suatu perilaku yang di tekankan oleh Tuhan Yesus untuk harus dilakukan oleh semua pengikut-Nya. Alkitab mengatakan dalam Kitab (Kolose 3:13). "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seseorang akan yang lain, apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Inilah suatu penjelasan yang harus kita ketahui dan lakukan dalam hari-hari hidup kita, sobat Kristen jika ada sesama yang membuat kita menjadi marah, maka janganlah kita menyimpan amarah  dalam waktu yang panjang, sebab itulah suatu tindakan yang belum mampu mengampuni kesalahan sesama kita.

Lantas apakah kita hanya berdiam jika orang lain membuat kita marah.? Tentu tidaklah demikian, kita boleh marah, tetapi marahlah dengan kasih, seperti dengan kata-kata yang halus yang enak di dengar bukan dengan kata-kata yang kasar, yang akan membuat masalah menjadi lebih besar.

(Matius 18:21-22). "Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali? " Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali."

Sungguh jelas Alkitab menjelaskan, sehingga sudah patutnya, kita harus mengampuni kesalahan sesama kita.  Mengampuni kesalahan sesama adalah suatu anugerah terindah dalam kehidupan kita, sehingga sebagai orang percaya kita harus benar-benar belajar untuk mengampuni kesalahan sesama kita. Ingatlah jika kita mampu mengampuni kesalahan sesama, maka berkat akan menjadi bagian kita.

Berkat kesehatan, berkat jasmani, maupun berkat sorgawi akan menjadi hak kita, inilah suatu kepastian dalam hidup kita yang telah melakukan kehendak Tuhan. "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk kedalam kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehandak Bapa-Ku di Sorga." (Matius 7:21)

Apakah yang masih kita ragukan lagi? Marilah jadilah pribadi yang baik, yang mampu mengampuni kesalahan sesama kita, supaya dosa atau kesalahan kitapun akan diampuni oleh Tuhan "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di Sorga akan mengampuni kamu juga." (Matius 6:14)

Pesan kepada kita sebagai orang percaya marilah kita terus belajar untuk menjadi yang terbaik bagi Kristus, lewat perilaku kita yang suka mengampuni kesalahan sesama kita. Tuhan Yesus memberkati semua. Amin.

Lukas 6 : 36
"Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."


3 comments for "Belajarlah Mengampuni Kesalahan Sesamamu | Motivasi-Kristen"

  1. Tuhan Yesus memberkati selalu, terima kasih untuk motivasinya.

    ReplyDelete
  2. Tuhan Yesus memberkati selalu

    ReplyDelete
  3. Tuhan memberkati kita semua amin.

    ReplyDelete

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.