Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Rancangan Tuhan Dalam Hidupku | Motovasi-Kristen

 

Sumber Gambar : minews.id

Sudakah kita memahami rancangan Tuhan dalam hidup kita? Mungkin ada sebagian orang percaya yang belum memahami rancangan Tuhan dalam hidupnya, atau adapula yang tidak mampu membedakan mana rancangan yang datang dari Tuhan. Inilah suatu pertanyaan yang memang membuat kita dilema untuk menjawabnya. 

Sebagai orang percaya tentu kita pasti mempunyai satu jawaban yang sama tentang rancangan Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera atau rancangan untuk kebaikan kita semua. Hal ini sesuai dengan bunyi Firman Tuhan yang terdapat dalam Kitab (Yeremia 29:11). "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Berdasarkan penjelasan Firman Tuhan diatas, maka sebagai orang Kristen kita tidak perlu kuatir atau takut akan masa depan kita, sebab masa depan kita sudah dirancangankan Tuhan kepada masing-masing kita. 

Namun kadang kala sebagian orang percaya yang merasa dilema akan rancangan Tuhan, karena sering mendapatkan masalah atau pergumulan hidup yang berat, sehingga sering kecewa dan hilang harapan kepada Tuhan Yesus, atau bahkan sering membuat suatu kesimpulan bahwa kenapa Tuhan memberikan kita masalah hidup yang berat, dan sempat bertanya-tanya dalam dirinya bahwa apakah ini rancangan Tuhan dalam hidup kita.? Saya percaya pastinya kita sering merenungkan hal demikian. 

Inilah suatu kenyataan hidup, namun sebagai orang percaya kita hanya menilai hal yang baik-baik terjadi dalam kehidupan kita adalah pemberian atau rancangan Tuhan, sehingga kalaupun kita di perhadapkan dengan masalah atau pergumulan hidup, kita merasa itu bukan rancangan Tuhan terhadap kehidupan kita. 

Saya berani tegaskan bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita, entah kebahagiaan atau kedukacitaan itu semua adalah rancangan Tuhan, sebab apapun yang terjadi dalam hidup kita itu semua atas rancangan Tuhan. 

Kalaupun sampai hari ini dirimu masih mengalami berbagai masalah hidup, itulah rancangan Tuhan atas hidupmu, kalaupun dirimu ada dalam pergumuan hidup terkait dengan kesehatanmu, itu juga rancangan untuk kebaikan dirimu, kalaupun dirimu masih gagal dalam menemukan impian hidup, percayalah itu semua rancangan yang terbaik dari Tuhan bagi hidupmu. 

Jangan hanya kita fokus pada kata racangan damai sejahtera dari Tuhan, ingat rancangan damai sejahtera bukan saja kita akan mengalami rancangan yang baik-baik saja atau rancangan yang membuat kita bahagia, tetapi ada juga rancangan yang pahit yang akan kita alami, supaya kita akan menjadi lebih kuat iman serta tekun kepada Tuhan dalam menjalani hari-hari hidup kita.

Marilah kita melihat bunyi Firman Tuhan yang terdapat dalam kitab (Yakobus 1:2-4). "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurnah dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun."

Sunguh jelas apa yang Firman Tuhan katakan, masihkan kita belum memahami rancangan Tuhan dalam hidup kita? Saya percaya kita semua telah mengerti rancangan Tuhan dalam kehidupan masing-masing kita. Ingatlah hai sobat-sobat Kristen, apapun yang kamu alami itu semua ada dalam rancangan Tuhan. sedih dan senang hidupmu itu semua rancangan damai sejahtera atas hidupmu, sehingga tetaplah percaya kepada Tuhan Yesus, walaupun hidupmu sering mendapatkan masalah yang berat. 

Pesan kepada kita sebagai anak-anak Tuhan Yesus, janganlah kita membuat rancangan sesuai keinginan daging kita, sebab sudah pastinya rancangan tersebut tidak akan dikabulkan oleh Tuhan, tetapi rancanglah masa depanmu sesuai dengan kehendak Tuhan, supaya rancanganmu akan diberikan Tuhan pada waktu yang terbaik. Tuhan Yesus memberkati kita semua..AMin








2 comments for "Memahami Rancangan Tuhan Dalam Hidupku | Motovasi-Kristen"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.