Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Janganlah Main-Main Dengan Dosa | Motivasi-Kristen

 

Sumber Gambar : tribunnews.com


Melakukan Dosa adalah sesuatu yang sangat di benci oleh Tuhan, Karena melakukan dosa berarti kita berani melawan dan melanggar segala perintah yang di tetapkan Tuhan di dalam hidup kita. Memang benar manusia pada dasarnya tidak terlepas dari kuasa dosa. namun setidaknya kita sebagai orang percaya tahu bahwa dengan sering melakukan dosa adalah sesuatu yang tidak baik dan akan membuat hidup kita akan menjadi binasa. 


Tentu ada cara-cara yang dapat kita lakukan untuk dapat mengalahkan kuasa dosa yang sering menghantui hidup kita yaitu dengan membangun kedekatan dengan Tuhan melalui membaca Firman Tuhan, suka bersekutu dengan Tuhan dan taat untuk berdoa, inilah cara-cara yang tepat untuk dapat mengalahkan kuasa dosa, sehingga sebagai orang Kristen haruslah kita menyadari hal demikian agar kita kedapatan terlihat sebagai anak-anak Tuhan yang hidup bersih dari dosa.


Sobat-sobat Kristen, janganlah kita main-main dengan dosa, karena dampak dari berbuat dosa sangatlah menyedihkan bagi kehidupan kita sebagai manusia, inilah beberapa dampak yang akan  kita dapati jika kita sering main-main dengan dosa atau menjadikan dosa seperti sahabat kita yang terus kita dekati dan cintai :


1. Dosa Melukai Hati Tuhan



Sobat-sobat Kristen, dengan sering melakukan dosa maka kita telah melukai hati Tuhan, melukai juruselamat, meludahi wajah-Nya, mencemooh kasih-Nya dan mengingkari  semua kata-kata pujian dan penyembahan yang pernah kita ucap bagi-Nya. Dosa yang kita lakukan tentu sangat melukai hati Tuhan Yesus! Benarkan sobat-sobat Kristen, untuk itu sudah saatnya kita sadar akan hal ini, dan berpaling meninggalkan semua perilaku kita yang bersifat dosa.



2. Dosa Mengakibatkan Tertundanya Keberhasilan



Dampak yang kedua ini, mungkin sobat-sobat Kristen pernah mengalaminya sendiri, karena sobat-sobat Kristen masih ada dalam perjuangan untuk menemukan apa yang menjadi tujuan hidup sobat-sobat Kristen semua. Inilah suatu dampak yang pasti akan terjadi pada kita, karena Tuhan Yesus sangatlah membenci dosa dan membenci orang-orang yang melakukannya, sehingga walaupun kita sudah di dekatkan dengan pintu keberhasilan, maka bisa saja kita tidak bisa masuk mencapai keberhasilan tersebut, karena hidup kita yang masih lebih mencintai dosa dari pada mencintai Tuhan Yesus. 



3. Dosa Memperbudak Manusia



Tidak seorang pun ingin menjadi budak. Mengapa demikian? karena seorang budak tidak mempunyai hak untuk bebas. Budak hidup untuk menjalankan semua keinginan tuannya. Budak tidak memiliki masa depan dan tidak memiliki kemampuan untuk menentukan nasib hidupnya sendiri. Inilah salah satu alasan untuk jangan bermain-main dengan dosa. Dosa membelunggu manusia, dosa dapat menari (bagikan jerat laba-laba) dan bersinar seperti cahaya matahari yang menarik hati kita. Sehingga ketika menyentuh dosa maka dosa akan melekat seperti lem yang membuat kita tidak bisa untuk mengeluarkan diri kita dari dosa. Sobat-sobat Kristen dosa  mudah untuk masuk merasuki hidup kita, tetapi sangat sulit untuk melepaskan jeratnya dosa. 
Contohnya adalah ketika kita belajar untuk merokok, mungkin hari ini, besok kita masih bisa untuk mengendalikan hidup kita untuk tidak merokok, tetapi jika sudah berulang-ulang kali maka kita akan menjadi pecandu yang sulit untuk berhenti merokok. Contoh seperti demikian adalah suatu cara kerja dosa yang bisa memperbudak hidup kita untuk sulit kembali pada jalan Tuhan. 



4. Dosa Mencuri Sukacita



Sebagai manusia tentu janganlah kita meremehkan sukacita,  Alkitab berkata bahwa sukacita Tuhan adalah perlindungan kita (Neh 8 : 10). Sobat-sobat Kristen sukacita yang sempurna hanyalah berasal dari Tuhan, sehingga ketika kita melakukan berbagai macam dosa tentu sukacita kita akan hilang di ambil Tuhan. 
Sobat-sobat Kristen dosa memecahkan gelembung-gelembung sukacita dan menghancurkan persekutuan dengan Allah, yang adalah sumber sukacita sejati. Ada satu kutipan kalimat yang di tuliskan oleh Teilhard de Chardin yang berbunyi "Sukacita adalah tanda yang sempurna untuk melukiskan kehadiran Allah." Tetapi dengan sering berbuat dosa maka dosa akan mematikan  sukacita itu. Dosa dapat mencuri sukacita yang tak ternilai dengan uang. Hati yang gembira telah lenyap, perasaan tenang dan tentram akan hilang, sungguh sedih hidup ini ketika masih mau menjadikan dosa terus menyelimuti hidup kita atau masih mau bermain-main dengan dosa



5. Dosa Mendatangkan Maut




Upah dosa adalah maut, tentu kita sering mendengarkan kalimat ini. Liciknya dosa untuk menarik kita padanya sangatlah hebat, Dosa mempromosikan kekayaan, ketenaran, kenikmatan, kepuasan kepada kita. Dan, meskipun kita merasakan kesenangan-kesenangan tersebut, namun semunya hanya bersifat semu atau sementara saja. setelah itu upah yang akan kita terima adalah maut, yang menjadi ketakutan semua orang di muka bumi ini. 
Sobat-sobat Kristen dosa dapat membengkokkan hati nurani kita, melukai hati kita, dan mencemarkan jiwa kita. Dengan kata lain setiap kali kita berbuat dosa, ada sesuatu di dalam hati kita yang mati. Itulah sebabnya tidak akan ada dosa di Sorga. Karena sorga adalah tempat yang kudus.



Demikianlah penjelasan tentang bebrapa dampak yang akan kita peroleh jika kita masih mau untuk bermain-main dengan dosa. Sangatlah menjijikan bukan! apa yang akan kita peroleh jika hidup dalam dosa. Untuk itu pesan kepada sobat-sobat Kristen, marilah peliharalah hidup kita dengan benar, seturut dengan kehendak Tuhan, sehingga dosa tidak menjadi sahabat kita, agar kelak nanti kita akan memperoleh Kerajaan Sorga yang merupakan janji Tuhan kepada anak-anak-Nya.



Tuhan Yesus memberkati Kita semua. Amin

2 comments for "Janganlah Main-Main Dengan Dosa | Motivasi-Kristen"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.