Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Suami Menurut Alkitab | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

TUGAS SUAMI MENURUT ALKITAB

Bacaan Alkitab (1 Petrus 3:7)

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

Saudaraku yang terkasih dalam Kristus Yesus. Apakah sampai saat ini Anda masih banyak melakukan kesalahan bagi keluarga Anda.

 

Istri dan anak-anak Anda sering dilukai. Atau sampai saat ini Anda sudah melakukan yang terbaik bagi keluarga Anda.

 

Istri dan anak-anak Anda bahagia sampai saat ini? Pertanyaan seperti ini seharusnya menjadi pikiran utama setelah Anda bangun dari tidur malam.

 

Mengapa demikian? Sebab kebiasaan memikirkan tanggung jawab akan membawa kita pada pola pikir yang terus mengintropeksi diri setiap saat, sehingga tujuan membahagiakan keluarga adalah prioritas dalam setiap langkah kehidupan yang kita jalani.

 

Menjadi suami atau kepala keluarga yang baik memang tidaklah mudah, namun inilah suatu tugas utama ketika kita berani mengambil sebuah keputusan untuk berkeluarga, janji pernikahan harus benar-benar direalisasikan dalam hari-hari hidup kita.

 

Salah satu ciri suami yang baik menurut Alkitab adalah bertanggung jawab. Seorang suami harus dapat melakukan tanggung jawabnya dengan baik.

 

Berikut ini ada beberapa tugas bagi seorang suami yang baik menurut Alkitab.

 

Pertama: Memberikan rasa aman

Memberikan rasa aman adalah kewajiban seorang suami Kristen, dan hak seorang istri Kristen.

 

Janji pernikahan adalah suatu bukti suami harus memberikan perlindungan kepada istrinya setiap saat, baik dalam suka dan duka. (Rut 1:9a) kiranya atas karunia TUHAN kamu mendapat tempat perlindungan, masing-masing di rumah suaminya.”

 

Kedua: Memberikan keputusan yang baik bagi keluarga

Pengambilan keputusan adalah tugas seorang suami, namun jika salah mengambil keputusan maka dampaknya terhadap semua anggota keluarganya.

 

Keputusan yang benar akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tugas seorang suami adalah sosok sentral dalam kehidupan keluarga, oleh karena itu seorang suami sebelum memberikan suatu keputusan hendaknya berdoa dan meminta pendapat dari semua anggota keluarga, kemudian bertindaklah untuk mengambil suatu keputusan yang mendatangkan kebaikan bersama.

 

Ketiga: Berkorban demi istri

Berkorban demi istri dapat digambarkan dalam kitab (Markus 10:7-8) Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

 

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu” Maksud dari berkorban demi istri adalah rela melakukan apapun demi istri, waktu dan tenaga haruslah di luangkan untuk istri tercinta, jangan lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman atau sahabat dibandingkan dengan istri dan anak-anak tercinta.

 

Keempat: Menjadi seorang gembala bagi keluarga

Menjadi seorang gembala adalah menjadi seorang pemimpin yang tetap memberikan yang terbaik kepada kawanan domba-domba setiap saat.

Jika Yesus mampu menjadi gembala yang baik, maka seorang suami kiranya dapat menjadi gembala yang tetap memberikan yang terbaik bagi kehidupan keluarganya.

 

Kelima: Melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang suami

Dalam kitab (1 Korintus 7:3) dikatakan  Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya

 

Tanggung jawab seorang suami adalah harga mati yang tidak bisa dilepas tangankan.

 

Kebutuhan istri dan anak-anak adalah fokus utama yang terus dipikirkan bagaimana caranya untuk memberikan yang terbaik kepada keluarga tercinta.

 

Demikianlah  tugas dari seorang suami Kristen, harapannya, melalui renungan firman Tuhan disaat ini dapat memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi seorang suami Kristen menurut Alkitab.

 

Ingatlah, Tugas seorang suami akan menjadi lebih baik apabila menjadikan Tuhan sebagai sumber penguatan dan penunjuk jalan dalam setiap kehidupan yang dijalani. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

 

Doa:

Ya Tuhan. Kuatkanlah hambamu ini, sehingga mampu melakukan semua tugas dengan baik.


Posting Komentar untuk "Tugas Suami Menurut Alkitab | Renungan Motivasi Kristen "