Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bertindak Dengan Bijak | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

BERTINDAK DENGAN BIJAK

 

Bacaan Alkitab: (Yosua 1:1-9)

“Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.”

 

Saudaraku yang terkasih dalam Kristus Yesus. Saya percaya sebagai seorang kepala keluarga Kristen, Anda pernah bertindak atau mengambil suatu keputusan yang berakibat fatal dalam kehidupan Anda.

 

Hal ini pasti terjadi karena Anda adalah kepala keluarga, Anda berhak menentukan suatu keputusan, namun bagaimanakah cara supaya Anda dan saya dapat bertindak dengan bijak, sehingga menghasilkan suatu keputusan yang tepat dan terbaik bagi keluarga Anda ke depannya nanti.

 

Bertindak dengan benar dan penuh kehati-hatian adalah sikap yang disukai semua orang.

 

Kalau kita bertindak dengan asal-asalan, banyak hal yang tak kita duga bisa terjadi dengan sikap kita yang salah tadi.

 

Sering kali, dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan orang-orang yang dengan seenaknya mengucapkan sesuatu kepada orang lain tanpa pernah berpikir apa dampak dari kata-kata yang diucapkan atau apa resiko bagi orang lain.

 

Ada baiknya, sebelum melakukan apa pun juga, berdoalah dalam nama Tuhan Yesus Kristus, minta tuntunan kepada Dia, jangan bertindak sembarangan. Hati-hati, pikir, dan renungkan dengan baik, setiap keputusan yang akan dibuat harus sesuai dengan Firman Tuhan.

 

Saya banyak belajar ketika saya salah mengambil keputusan-keputusan, tapi hari-hari ke depan kita belajar sesuai dengan Firman Tuhan, dan kita pasti berhasil dan beruntung.


Sesungguhnya ada beberapa pesan Tuhan  kepada Yosua selain bertindak hati-hati. Ada juga pesan tentang kuatkan dan teguhkan hatimu.

 

Firman ini ada tertulis di (Yosua 1:6) “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.”

 

Firman Tuhan dalam Alkitab sesungguhnya banyak yang isinya mengingatkan kita agar lebih kuat dalam menjalani hidup yang penuh dengan ketidakpastian ini.

 

(Amsal 4:23) menuliskan “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

 

Menjaga hati dan sikap berhati-hati dimulai dari hati, mungkin ada yang datang dengan hati yang sudah tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan, mari persiapkan hati kita, kuatkan dan teguhkan. Awali segala sesuatu dengan hati dan ketulusan.

 

Saudaraku yang terkasih dalam Kristus Yesus. Setiap kali melangkah dan ingin melakukan sesuatu, yang penting adalah bereskan hati dulu, baru berdoa.

 

Percuma berdoa tapi hati kita jengkel, kecewa sama Tuhan dan sesama, doa kita tidak akan pernah didengar Tuhan.

 

Mari bereskan hati kita dulu. Kalau hati kita sudah terbebas dari rasa dendam, maka doa yang kita panjatkan dengan ketulusan akan didengar oleh Tuhan.

 

Setelah membereskan hati dan kuat dalam menjalani hari-hari yang diberikan Tuhan, selanjutnya Tuhan mengingatkan kita agar jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri. 


Firman Tuhan dalam (Amsal 16:25) Menuliskan “Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.”


Saudaraku yang terkasih dalam Kristus Yesus. Perintah Tuhan kepada Yosua pada zaman itu juga berlaku bagi kita sebagai umat yang percaya kepada_Nya.

 

Apalagi jika status kita adalah seorang pimpinan atau kepala keluarga, kita semua di nasehati melalui ayat 8 bacaan kita saat ini.

 

“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

 

Ingatlah, kita adalah kepala keluarga, oleh karena itu bertindaklah dengan benar dan pastikan sebelum bertindak mintalah petunjuk dari Tuhan, sehingga keputusan yang diambil akan membuahkan hasil yang baik bagi semua anggota keluarga kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Doa:

Ya Tuhan. Peliharalah hati kami, sehingga kami bisa bertindak dengan bijak.

Posting Komentar untuk "Bertindak Dengan Bijak | Renungan Motivasi Kristen "