Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Utama Suami Dalam Keluarga Kristen | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

PERAN UTAMA SUAMI DALAM KELUARGA

 

Bacaan Alkitab (Efesus 5:25-33).

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya”.

 

Saudaraku yang terkasih dalam Kristus Yesus. Sudahkah Anda mengetahui peran Anda sebagai seorang suami berdasarkan ajaran Alkitab? Atau Anda sudah mengetahui namun belum mampu menjalankan peran Anda dengan baik?

 

Lantas apa penyebab Anda belum mampu melakukannya? Berdasarkan pembacaan kita saat ini firman Tuhan sangat jelas dan tegas perintahnya kepada seorang suami, yaitu “kasihilah istrimu”.

 

Mengasihi istri bukanlah pekerjaan yang mudah bagi seorang suami. Mengapa? Karena di dalam mengasihi ada unsur pengorbanan dan Kasih didalamnya.

 

Pada umumnya, para suami lahir, dididik dan dibesarkan dalam keluarga yang tangki kasihnya itu bocor. Sehingga banyak suami ketika memasuki hidup berumah tangga tangki kasihnya sangat sedikit isinya. Makanya banyak suami yang sulit untuk mengasihi. Kendati demikian bukan berarti tidak bisa.

 

Ketika Dr. Norwood menjadi pendeta di Australia, ia berbicara dengan seorang pria untuk mengajaknya bergabung di gerejanya. Orang itu langsung menolak dengan kasar.

 

Namun, beberapa bulan kemudian, setelah kebaktian, orang tersebut maju ke altar dan meminta untuk diterima menjadi anggota gereja.

 

Terkejut, Dr. Norwood bertanya apa yang menyebabkan perubahan hati pria tersebut. Ia pun menjawab, “Saya punya seorang anak yang masih kecil.

 

Kira-kira seminggu yang lalu, sewaktu saya mengajaknya berjalan-jalan bersama istri saya di desa kami, kami sampai di jalan setapak yang agak sulit dilalui. Kami harus berjalan satu per satu. Saya pun berjalan di paling depan. Lalu, tiba-tiba saya mendengar suara kecilnya berkata, ‘Hati-hati, Ayah. Aku dan Ibu mengikuti ayah!’ Saya lupa, bagi istri saya dan anak kami, jalan itu bisa menjadi jalan yang sangat sulit untuk ditempuh. Itulah yang mengubah saya.

 

Kejadian itu membuat saya sadar bahwa dalam hidup ini saya pun harus berjalan di depan mereka, tapi saya juga menyadari bahwa saya pemimpin yang buruk. Karena itu, saya ingin bergabung dengan gereja."

 

Dalam keluarga, suami adalah pemimpin. Rumah tangga seperti apa yang Anda harapkan tergantung dari apa yang Anda putuskan untuk kerjakan hari ini.

 

Teladan yang Anda perlihatkan lewat kehidupan sehari-hari akan dicontoh anak dan istri Anda. Karena itu, mari mulai belajar mengambil peran sebagai pemimpin rumah tangga yang bijaksana. Bukan pemimpin yang otoriter, tetapi yang tegas dan penuh kasih sayang yang melimpah.

 

Bacaan kita saat ini secara tegas mengatakan bagaimanapun kondisi hidup kita, kita harus tetap menjadi panutan dan teladan yang mampu membuat semua anggota keluarga kita tersenyum bahagia setiap saat. “Bagaimana pun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: Kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati istrinya.” (Ayat 33 Bacaan kita).

 

Perjuangkan istri dan anak-anak Anda untuk hidup benar di hadapan Tuhan. Ajak mereka untuk semakin mengenal Tuhan secara pribadi. Bangunlah mezbah keluarga, di mana Anda sekeluarga bisa berdoa bersama, menaikkan pujian penyembahan, dan juga merenungkan firman setiap saat.

 

Saudaraku yang terkasih dalam Kristus Yesus. Sekali lagi saya ingin mengatakan bahwa rumah tangga yang berhasil adalah rumah tangga yang pimpinan keluarganya takut Tuhan, dan mau membawa anggota keluarganya selalu bersekutu dengan Tuhan setiap saat.

 

Melalui cara seperti itu, masalah dan tantangan akan menjadi angin lalu untuk tetap membawa kehidupan keluarga semakin lebih baik lagi.

 

“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3:5-6). Tuhan Yesus memberkati kita semua Amin.


Doa:

Ya Tuhan. Jadikanlah hambamu ini, hamba yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Posting Komentar untuk "Peran Utama Suami Dalam Keluarga Kristen | Renungan Motivasi Kristen "