Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 5 Provinsi Dengan Penganut Agama Kristen Terbanyak Tahun 2022 | Motivasi Kristen

motivasikristen.com

Agama adalah panduan untuk seseorang dalam menjalani hidup di dunia ini. Tanpa agama pastinya seseorang akan hidup dalam kegelapan.

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam agama. Hal ini dibuktikan dengan enam agama yang hidup saling menghargai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun dalam suatu daerah tertentu tidak terdiri dari satu agama tertentu. melainkan ada beberapa agama yang terdiam dalam suatu daerah. 

Tapi tahukah anda Provinsi manakah di Indonesia yang memiliki penduduk terbayak penganut agama Kristen.

Berikut ini lima Provinsi dengan jumlah penduduk bergama Kristen terbanyak berdasarkan data Badan Pusat Statsiska (BPS) tahun 2020.

1. Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nus Tenggara Timur merupakan daerah yang menuduki peringkat pertama penduduk dengan umat Kristen Terbayak di Indonesia

Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat statistic Tahun 2022.  Presentasi  orang Kristen di Provinsi Nusa Tenggara adalah 88,90 %, dengan Rincian Kristen Katolik 54, 14% dan Kristen Protestan 37, 86%.

2. Provinsi Papua

Papua adalah provinsi terluas di Indonesia. Penganut agama Kristen secara keseluruahn adalah 85 % dengan rincian Kristen Protestan 66, 20% dan Katolik 18,80%.

Gereja terbesar di daerha Papua adalah Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Injil Di Indonesia (GIDI).

3.SulawesiUtara                                                                  

Sulawesi utara merupakan provinsi paling ujung di pulau Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara Fhilipina, total jumlah penduduknya adalah 2. 270. 596 jiwa.

Penganut agama Kristen secara keseluruhan adalah 69% dengan rincian 64,50% Kristen Protestan dan 4, 50% Katolik.

Mayoritas agama Krsiten berasal dari daerah Minahas, Sanger dan Talaud.  

4. Papua Barat

Posisi keempat dengan penduduk terbanyak beragama Kristen adalah Provinsi Papua Barat, dengan ibu kotanya adalah Manokwari

Provinsi paling timur kedua di Indonesia ini, memiliki jumlah jiwa kurang lebih 780. 422 jiwa pada tahun 2022.

Penganut agama Kristen di daerah Papua Barat adalah 61.50% dengan rincian 54 % Kristen Protestan dan 7,50% Kristen Katolik.

5. Maluku

Provinsi Maluku  ibu kotanya adalah Ambon, jumlah penduduknya kurang lebih 1. 600. 506 jiwa.

Pada saat ini penganut agama Kristen kurang lebih 49, 50% dengan rincian 42% Kristen Protestan dan 7,50% Kristen Katolik.

Sinode terbesar pada daerah Maluku adalah GPM (Gereja Protestan Maluku).

Nah, itu dia lima Provinsi dengan penduduk Kristen terbanyak di Indonesia. Semoga bermanfaat Informasinya bagi kita semua. Satu hal yang harus diingat bahwa angka atau data ini akan mengalami perubahan setiap waktunya. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Post a Comment for "Daftar 5 Provinsi Dengan Penganut Agama Kristen Terbanyak Tahun 2022 | Motivasi Kristen "