Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memililah Pasangan Yang Sepadan | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

MEMILILAH PASANGAN YANG SEPADAN 

Bacaan Alkitab : (Kejadian 2:18)

"Allah Berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan."

Sahabatku, Jika saat ini Anda sedang berencana untuk mencari pasangan hidup, ini renungan yang cocok bagi Anda.

Tidak cukup mencari pasangan hanya yang sama-sama Kristen, apalagi yang berbeda keyakinan.

Kalimat tersebut sedikit membingungkan Anda, namun mari kita belajar dari kisah hidup Adam dan Hawa.

Ketika Tuhan menyediakan pasangan bagi Adam, TUHAN bukan hanya mencarikan pasangan yang seiman bagi Adam, tapi juga sepadan. Apa yang dimaksud dengan kata SEPADAN di sini?

Kata SEPADAN diterjemahkan dari bahasa Ibrani ezer kenegdo. Kata ini memiliki arti yang sangat dalam. Lain waktu saya akan bahas lebih panjang lebar. 

Tapi secara singkat, sepadan di sini berbicara mengenai kepribadian yang sejajar, seimbang, atau dalam tingkat yang sama.

Misalnya: Anda hanya lulusan S1, sebaiknya pasangan Anda pun lulusan S1; Anda seorang pelayan gereja, sebaiknya pasangan Anda pun pelayan gereja.

Seringkali kita berpikir ketika mencari pasangan kita sangat menginginkan mendapat pasangan yang lebih dalam segala hal dari kita.

Lebih pintar, lebih dewasa, lebih tinggi penghasilannya, lebih tinggi pendidikannya, atau mempunyai hak istimewa dari orang tuanya dan lain sebagainya.

Coba Anda bayangkan begini, anggaplah Nia lulusan SMP dan pasangannya, Stiv, lulusan S2. Jika dilihat dari sisi Nia, tentu saja sangat baik bagi Nia memiliki pasangan yang dalam segalanya lebih dari dirinya.

Nia akan lebih banyak belajar dari diri Stiv, Nia akan berkembang pesat karena setiap hari dia bertukar pikiran dengan lulusan S2, tapi bisa Anda membayangkan jika hal ini dilihat dari sisi Stiv?

Tidak banyak yang Stiv dapat pelajari dari Nia, selain setiap hari mesti sabar menunggu Nia berkembang dalam hal ini dan itu.

Stiv akan sedikit kesulitan ketika bertukar pikiran dengan Nia yang mungkin pikirannya belum ‘sampai’.

Anda bisa melihat titik masalahnya? Saya tidak katakan masalah ini tidak bisa diatasi.

Saya percaya TUHAN memiliki jalan keluar bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki pasangan yang tidak sepadan. Tapi bagi Anda yang belum memiliki pasangan, Anda tidak perlu melewati masalah yang tidak perlu Anda alami.

Saya percaya itu sebabnya Firman TUHAN mengatakan bahwa TUHAN memberikan Adam pasangan yang sepadan.

Ketika dua orang yang sepadan saling berpasangan, bukan hanya salah satu yang bertumbuh dan berkembang, tapi keduanya bertumbuh bersama-sama.

Keduanya saling belajar, saling mengasah satu sama lain, bersama-sama melewati kegagalan, dan bersama-sama menikmati keberhasilan. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.


Posting Komentar untuk "Memililah Pasangan Yang Sepadan | Renungan Motivasi Kristen "