Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Wanita Pilihan Tuhan | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

MENJADI WANITA PILIHAN TUHAN

Bacaan Alkitab: (Lukas 1:38)

“Kata Maria “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataan-Mu. Lalu malaikat itu meninggalkan dia.” 

Saudaraku yang terkasih. Pernakah anda menyadari bahwa anda dilahirkan di dunia ini karena anda dipilih oleh Tuhan? Maksudnya bahwa bukan kebutulan anda dan saya ada di dunia ini. Melainkan karena suatu anugerah atau pilihan Tuhan bagi anda dan saya. Salah satu kisah dalam Alkitab adalah kisah Maria ibu Yesus. Tentu Maria bukanlah satu-satunya perempuan yang ada di dunia pada waktu itu. Ada jutaan wanita lainnya. Maria juga bukan satu-satunya wanita yang ada di Israel pada jamannya. Mengapa Tuhan memilih dia dari antara ratusan, bahkan jutaan wanita lainnya? Apa karena pendidikan? Tentu bukan itu, karena ia tidak memilikinya. karena kekayaan? tentu juga bukan karena hal ini, karena ia adalah wanita miskin. Juga bukan karena kedewasaannya, karena pada waku itu, ia baru berumur belasan tahun. Yang membuat ia "luar biasa" dan kemudian dipilih Tuhan untuk menyatakan perkara yang " luar biasa" adalah karena ia" biasa-biasa saja". Jadi ternyata, Allah mencari dan memakai orang-orang yang " biasa-biasa saja" dan memakai dia dengan cara yang "luar biasa"

Maria adalah wanita biasa, yang juga memiliki "ketakutan" dan "keraguan” sama seperti para wanita pada umunya. Ketika  malaikat Gabriel pertama kali menampakkan diri kepada Maria, untuk memberitahukan kehamilannya, ia sangat terkejut, bingung, bahkan bisa jadi takut setengah mati. Ia sempat merasa takut dan dihantui kritikan orang ketika nanti banyak orang mengetahui kehamilannya. Maria bahkan berkata "bagaimana hal itu mungkin terjadi, sedang aku belum bersuami?". Maria mempunyai banyak  ketakutan dan pertimbangan. Tetapi  Maria memilih untuk tidak takluk kepada semua ketakutan dan kekuatiran yang menghantui pikirannya. Maria memilih untuk tetap percaya dan beriman kepada Allah. Iman bukan berarti tidak ada ketakutan. Tetapi iman adalah  memilih untuk tetap percaya kepada Tuhan dari pada takluk kepada ketakutan.

Saudaraku yang terkasih.  Ada tiga hal yang luar biasa yang ada dalam diri Maria, sehingga Ia dipilih oleh Tuhan. Tiga rahasia ini perlu dipelajari oleh setiap perempuan yang mengidam-idamkan untuk menjadi wanita pilihan Tuhan. Jika anda memiliki tiga hal ini, maka anda akan melihat, bahwa Tuhan akan memilih  dan memakai anda lebih dari yang anda duga.

Pertama: Memiliki kerinduan untuk  melakukan  kehendak Tuhan.

Kalau kita ingin dipilih dan dipakai Tuhan lebih lagi, kita harus memiliki kerinduan untuk untuk melakukan kehendak-Nya, lebih dari hal-hal lainnya. Tuhan punya rencana spesial buat kita, tetapi hal itu tidak terjadi  secara otomatis. Kita harus memilih untuk berkerja sama dengan tujuan Tuhan dalam kehidupan kita.

Kita bisa memilih untuk melakukan hal ini atau tidak. Kalau tidak, kita akan kehilangan semua ini.

Kedua: Berani membayar harga-Nya

Lukas 1:38, Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan.” Maria siap melakukan apapun juga, berapa pun juga harga yang harus dia bayar. Tuhan mengetahui hal itu. Itulah salah satu alasan mengapa dia bisa dipakai Tuhan dengan luar biasa. Bagi Maria, menjadi ibu dari Juruselamat membahayakan reputasi, kenyamanan dan bahkan mungkin hidup Maria. Kehamilannya, yang terlihat di luar pernikahan, dapat menyebabkan hukuman mati atas tuduhan imoralitas seksual. Tetapi, di dalam pikiran Maria, tidak ada harga yang terlalu mahal untuk melakukan kehendak Allah!

Ketiga: Percaya pada janji-Nya

Salah satu alasan Tuhan tidak  mengerjakan mujizat dalam kehidupan seseorang adalah karena mungkin mereka tidak mengharapkan Tuhan melakukan itu. Mereka mau "bermain aman" dalam hal rohani. Tuhan memakai orang-orang yang berani percaya pada janji-Nya. Maria punya semua alasan untuk kuatir. Dia harus memikul tanggung jawab besar. Tetapi bukannya kuatir, namun Maria tetap menyembah.

Saudaraku yang terkasih. Sebagai seorang wanita atau istri Kristen, kita harus mempunyai komitmen untuk menjadi wanita pilihan Tuhan. Lantas apakah yang harus kita lakukan supaya kita dapat menjadi wanita pilihan Tuhan? Jika Maria dipilih Allah karena kesalehan, kebaikan, serta kekudusannya, maka hal itu juga harus kita lakukan untuk menjadi wanita pilihan Tuhan. Tuhan tidak menginginkan kita cantik secara jasmani lalu melupakan Tuhan, tetapi yang Tuhan inginkan, kiranya pikiran, perkataan, serta tindakan kita adalah menyenangkan hati Tuhan. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Doa: Ya Tuhan. Jadikanlah hambamu ini wanita pilihan-Mu, untuk memuji dan memuliakan nama-Mu selalu.

Posting Komentar untuk "Menjadi Wanita Pilihan Tuhan | Renungan Motivasi Kristen "