Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diberkati Untuk Menjadi Berkat | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT 

Bacaan Alkitab: (1 Petrus 4:7-11)

 “Layanilah seseorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah” 

Saudaraku yang terkasih. Sudahkah kita menjadi berkat bagi orang lain? Sudahkah kita menolong orang yang membutuhkan pertolongan? Pertanyaan ini seharusnya menjadi sahabat terdekat dalam diri kita. Mengapa demikian? Sebab tujuan Tuhan menciptakan manusia adalah untuk saling melengkapi dan menolong. “Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.” (Yohanes 15:12).

Berbicara tentang kalimat “diberkati untuk menjadi berkat”  bagi orang kristen kedengarannya tidak asing lagi karena kita sendiri juga sering mengucapkannya, atau kalimat ini sudah menjadi bagian dalam pelayanan kita. Kalimat ini menunjuk pada, ”kita diberkati untuk menjadi berkat”. Dengan pengertian bahwa sebelum kita diberkati maka kita tidak akan menjadi berkat. Jadi kalimat “Kita diberkati menjadi berkat” dapat kita sejajarkan dengan (Kejadian 22:18) “Oleh keturunanmu, semua bangsa di muka bumi akan mendapat berkat..”, dimana saya menekankan kata “Oleh keturunanmu” (through your offspring) atau “melalui” dipakai atau dianalogikan menjadi alat atau sarana berkat. Dengan kata lain kita bukan “berkat” tetapi kita hanya dipakai sebagai sarana berkat

Siapa sih  yang tidak ingin hidupnya diberkati Tuhan?  hanya orang tidak “waras” mungkin. Setiap orang,  dengan tidak memandang latar belakang orang tersebut pasti hidupnya ingin diberkati. Sehingga hal berkat seringkali menjadi prioritas bagi orang Kristen. Jika ini terjadi atau mungkin sudah terjadi maka kita sedang keluar jalur dari apa yang Tuhan telah sediakan dalam hidup kita. Kita perlu memahami dengan cermat pengertian atau pemahaman “berkat” dengan benar.

Saudaraku yang terkasih. Sebenarnya  yang harus kita pahami dibalik  “diberkati untuk menjadi berkat” bukan berkatnya tetapi perintah Tuhan. Dengan pemahaman, Tuhan  menghendaki agar melalui berkat-Nya, kita  menjadi berkat dan saluran berkat bagi yang lain. Dengan kata lain, tujuan berkat Tuhan adalah untuk menjadi berkat bagi yang lain.

Pada kenyataannya mengharapkan diberkati adalah keinginan semua orang? Tetapi sulitnya adalah menjadi berkat ketika telah diberkati.

Pada keadaan ini tidak sedikit orang Kristen gagal dalam menunjukan teladan tersebut. Dalam hal membantu sesama yang membutuhkan saja rasanya sangat sulit dan berat untuk dilakukan. Padahal tujuan Tuhan memberkati manusia dengan setiap upah yang didapatkan dari pekerjaan atau usahanya adalah menjadi saluran berkat bagi sesama manusia.

Memang benar upah yang didapatkan dari usahamu adalah buah kesetiaanmu dalam pekerjaan, akan tetapi semuanya ada dalam kendali dan kedaulatan Tuhan. Kita tidak bisa bermegah atau menyombongkan diri lalu berkata “Ya sapa suru tidak mau bekerja, akhirnya susah kan” “Enak saja saya telah lelah bekerja lalu kamu tinggal minta saja”.

Inilah suatu pikiran yang keliru. Tuhan menginginkan kita dapat menjadi berkat lewat setiap upah yang kita peroleh. Lewat hal inilah maka kita menjalankan hukum Tuhan yang kedua “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesama seperti dirimu sendiri.” (Matius 22:37-40).

Saudaraku yang terkasih. Pesan Alkitab bagi kita sebagai orang percaya, dalam hal ini sebagai seorang istri Kristen adalah kiranya menjadi saluran berkat bagi orang lain. Jika pekerjaan kita lebih banyak mendatangkan berkat. Maka maksud Tuhan memberikan semuanya itu adalah untuk berbagi atau menjadi berkat bagi orang lain. Bukan sebagai penonton dikala orang lain sementara hidup dalam kecemasan akibat membutuhkan bantuan atau pertolongan. Ingatlah kata Alkitab. “Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu, demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Percayalah pada kata Firman Tuhan, jangan pernah meragukan janji dan kuasa-Nya. Jika kita mampu menjadi berkat bagi orang lain, maka balasan berkat dari Tuhan juga senantiasa mengalir dalam setiap kehidupan kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Doa: Ya Tuhan. Kiranya hambamu ini dapat menjadi berkat bagi orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Posting Komentar untuk "Diberkati Untuk Menjadi Berkat | Renungan Motivasi Kristen "