Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Adalah Kesempatan Belajar | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

MASALAH ADALAH KESEMPATAN BELAJAR 

Bacaan Alkitab: (Mazmur 119:71)

“ Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu 

Saudaraku yang terkasih. Kita pasti pernah mendengar orang berkata seperti demikian. “Kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. Oleh karena itu jangan pernah sia-siakan kesempatan yang ada.” Bunyi kata bijak tersebut memberikan pengertian bahwa siapapun pasti akan menyesal apabila tidak menggunakan kesempatan dengan baik. Yang ada adalah suatu penyesalan.

Tuhan telah memberikan kesempatan hidup untuk semua orang. Kehidupan adalah kesempatan kita menjadi makna, manfaat, dan berkat bagi orang lain. Untuk itulah kita harus menggunakan kesempatan yang telah Tuhan berikan dengan baik dan sebijaksana mungkin. Salah satu tokoh Alkitab yang bisa menjadi teladan kita dalam hal menghargai dan menggunakan kesempatan yang ada adalah Rut.

Rut adalah salah satu sosok yang mengalami depresi atau putus asa. Masa sulit yang dialami Rut dimulai sejak kematian suaminya (Rut 1: 5). Sejak itu dia mengalami kesulitan secara ekonomi. Selain hal itu, ia juga harus mendengar ibu mertuanya yang memutuskan untuk meninggalkan Moab dan kembali ke tanah kelahirannya. Tanpa suami dan harus meninggalkan tanah kelahirannya dengan seorang wanita tua. Bayangkan betapa berat beban yang dipikul oleh Rut pada saat itu.

Rut menghadapi keadaan yang sangat menakutkan, yang berada pada suatu kebimbangan. Di negeri asing tanpa suami, dia tak bisa melakukan apa-apa selain menangis dan meratap. Sayangnya, dia memutuskan untuk melayani ibu mertuanya. Pada akhirnya, Tuhan hadir dan memberkati dia. Dia bahkan bertemu dengan suami keduanya dan mereka hidup sangat bahagia.

Saat dalam keadaan sulit, Rut tidak langsung melihat Tuhan akan menyediakan hal yang baik baginya. Tapi justru dengan menghadapi dan melewati masa itu dengan setia, dia mendapati hal yang tak terduga di depan. Bahkan Ruth tidak terburu-buru dalam situasi tersebut. Ia malah menggunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin, dengan percaya bahwa kesempatan yang dilakukan dengan benar walaupun dalam situasi sulit akan menghasilkan suatu solusi yang menguntungkan demi untuk membawa harapan yang indah.

Apa yang dialami oleh Rut adalah suatu kondisi hidup yang berada pada fase terendah. Dan pada fase inilah banyak orang percaya gagal menilai dan menggunakan kesempatan ini. Di mana keadaan tersebut akan melemahkan dan membuat iman percaya kita semakin menurun kepada Tuhan. Melalui kisah hidup Rut mengajarkan kita bahwa apa pun kesempatan hidup yang diberikan dari Tuhan, kita harus tetap menghargai dan menggunakannya dengan baik dan benar. Jangan kita menggunakan kesempatan tersebut dengan salah, dalam artian kesempatan untuk menduakan Tuhan atau melukai hati Tuhan dengan menghukum diri sendiri dan beranggapan bahwa Tuhan tidak mencintai diri kita.

Saudaraku yang terkasih. Tuhan itu adil, Tuhan itu baik, Tuhan itu mencintai anak-anak-Nya.  Adanya kesempatan hidup yang pahit adalah suatu kebaikan, atau kebahagiaan, di mana kita akan belajar berproses menjadi pribadi yang sabar, setia, dan tekun dalam segala keadaan hidup. Sehingga melalui kesempatan yang pahit kita akan terbiasa dengan keadaan hidup yang benar-benar menakutkan iman kita, ingatlah kata Alkitab dalam (Yakobus 1:12) “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan dari barangsiapa yang mengasihi Dia”. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Doa: Ya Tuhan. Kuatkan hati hambamu ini untuk selalu menghadapi berbagai masalah hidup.


Posting Komentar untuk "Masalah Adalah Kesempatan Belajar | Renungan Motivasi Kristen "