Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesombongan Adalah Jahat Di Mata Tuhan | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

“Aku telah menulis sedikit kepada jemaat, tetapi Diotrefes yang ingin menjadi orang terkemuka di antara mereka, tidak mau mengakui kami.” 

(3 Yohanes 1:9)

Diotrefes adalah contoh orang yang sombong rohani, karena ia tak mau mengakui Yohanes dan rekan-rekannya serta merasa dirinya lebih baik dari yang lain. 

Dalam bacaan jelas dinyatakan bahwa Diotrefes ingin menjadi orang terkemuka di antara jemaat sehingga ia menolak sang penatua dan teman-temannya dengan kalimat yang kasar.

Ia juga melarang warga jemaat menerima teman-teman dan sang penatua di dalam rumah mereka. Bila ada yang menerimanya, maka warga jemaat tersebut akan dikucilkan. Anehnya, Haayus yang menjadi tokoh di dalam jemaat tak mengetahui apa yang dilakukan Diofetes.

Ketika sang penatua menyampaikan tentang tindakan Diotrefes, Gayus agak meragukanya dan justru menyangka Demetrius yang ingin menjadi orang terkemuka. Maka dari itu sang penatua meminta Gayus agar tidak salah menilai antara Diotrefes dan Demetrius.

Firman Tuhan menyatakan bahwa orang sombong alias tinggi hati bukan hanya salah atau tidak benar, melainkan merupakan kekejian di mata Tuhan.

“Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi Tuhan; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman.” (Amsal 16:5).

Mengapa orang sombong rohani sangat berbahaya? Karena orang yang sombong rohani sering merasa dirinya paling benar dan paling mengerti sehingga merasa tak perlu bertobat. 

Saat ibadah di gereja pun, tak ubahnya ia seorang kritikus ulung. Mengkritik sana-sini, komentar ini itu, bahkan ketika pengkhotbah menyampaikan firman, ia menganggap firman itu cocok untuk orang lain, bukan dirinya.

Kesombongan membuat seseorang tak pernah tunduk kepada firman Tuhan. Adalah hal yang sia-sia bila kita tidak memiliki nilai di hadapan Tuhan apa pun yang kita kerjakan bila didasari dengan kesombongan. 

Begitu juga dalam pelayanan, sebesar apa pun kontribusi kita untuk gereja dan pekerjaan Tuhan, bila didasari oleh kesombongan akan menjadi kejahatan di mata Tuhan.

Terlebih lagi bila motivasi kita dalam melayani Tuhan adalah untuk mencari pujian dan hormat untuk diri sendiri, maka pelayanan kita hanya akan menjadi batu sandungan bagi orang lain. Pujian hormat itu hanya milik Tuhan. Jadi, jangan sekali-kali mencuri kemuliaan Tuhan.

“Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan;” (Yesaya 2:11a). Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

 


Posting Komentar untuk "Kesombongan Adalah Jahat Di Mata Tuhan | Renungan Motivasi Kristen "