Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setia Adalah Identitas Anak Tuhan | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

SETIA ADALAH IDENTITAS ANAK TUHAN

Bacaan Alkitab : (2 Timotius 2:22)

”Sebab itu Jauhilah Nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni”

Sahabatku yang terkasih, mengapakah kita harus menjadi setia? Menjawab pertanyaan tersebut hal pertama yang harus kita ketahui adalah Karena Tuhan kita setia (2 timotius 2:3a) “Jika kita tidak setia, Dia tetap setia" dan yang kedua, karena orang yang setia sulit ditemukan (Amsal 20:6) “Banyak orang menyebut dirinya baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?”.

Lantas dimanakah kita bisa menemukan kesetiaan itu? kesetiaan itu hanya kita temukan didalam Tuhan Yesus. Hidup didalam Yesus akan menuntunmu  menjadi pribadi yang setia.

Dalam kehidupan setiap orang muda kesetiaan hanya disangkutpautkan dengan kesetiaan dalam  pacaran. Namun kesetiaan yang dimaksudkan disini tidak sekedar hubungan pacaran saja, tetapi kesetiaan yang berpusat pada hubungan kita dengan Tuhan.

Kadangkala kita menganggap hubungan dengan Tuhan adalah hal yang sepele. Kita lebih menjaga hubungan kita agar tetap baik dengan manusia, melakukan apa saja agar hubungan kita langgeng sehingga kita mengabaikan hubungan kita dengan Tuhan.

Seringkali sebagai anak muda ketika kita menjalani hubungan dengan sesama lalu kita di abaikan, kita akan merasa putus asa dan marah kepada Tuhan karena menganggap bahwa kita sudah setia.

Namun sesuai dengan bacaan alkitab (2 timotius 2:22) ”Sebab itu Jauihilah Nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama- sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni”.

Kesetiaan merupakan sesuatu yang sulit untuk kita lakukan karena kita harus bisa menjauhi Nafsu orang muda seperti keras kepala, egois, sombong, dan hidup dalam kedagingan lainnya (Galatia 5:19-21a) “ Perbuatan daging telah nyata, yaitu percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya.

Selain itu Kesetiaan harus kita kejar dalam artian harus berusaha dan belajar terus menerus untuk setia. Dan yang terakhir untuk bisa menjadi seorang yang setia kita harus meminta pertolongan pada Tuhan melalui doa, pujian dan penyembahan serta membaca dan menghidupi firman Tuhan dalam kehidupan kita setiap hari maka Tuhan akan selalu menolong kita untuk menjadi orang-orang yang setia.

Sahabatku yang terkasih, memang tidaklah muda untuk menjadi orang yang setia, harus melalui proses dan ujian yang terus menerus terjadi dalam kehidupan kita. Tetapi percayalah ketika kita belajar untuk setia maka ada hal-hal yang luar biasa akan terjadi dalam kehidupan kita. Karena hanya orang-orang yang setialah yang akan di percayakan hal- hal yang besar.

Belajarlah dari tokoh-tokoh Alkitab yang begitu setia kepada perintah Tuhan. Nuh, Ayub, Musa dan Daud adalah sosok tokoh yang bisa menjadi motivasi bagi kita anak muda.

Sekali lagi percayalah, jika kita setia kepada Tuhan, maka Tuhan pun setia kepada kita, sehingga apa pun yang menjadi harapan dan tujuan hidup kita, pasti dijawab Tuhan pada waktunya. “Orang yang mengenal-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak kautinggalkan orang yang mencari engkau, ya Tuhan.” (Mazmur 9:10). Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

By: (Wiwin Priscilla Sero)

Doa:

Ya Tuhan. Mampukanlah aku untuk menjadi seorang yang setia.


Posting Komentar untuk "Setia Adalah Identitas Anak Tuhan | Renungan Motivasi Kristen "