Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teladan Iman Maria Magdalena | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

TELADAN IMAN MARIA MAGDALENA 

Bacaan Alkitab: (Markus 16:1-8)

“Tetapi orang muda berkata kepada mereka: “Janganlah takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.” 

Saudaraku yang terkasih. Tahukah anda siapakah yang pertama kali berjumpa dengan Yesus setelah Yesus bangkit dari kematiannya? Apakah murid-murid Yesus? Atau ada orang lain? Jawabannya adalah Maria Magdalena. Maria Magdalena adalah orang pertama yang menyaksikan kebangkitan Yesus. Hal ini menarik untuk kita pelajari dan menjadi perenungan bagi kehidupan iman kita. Mengapa Maria Magdalena yang menjadi saksi pertama kebangkitan Yesus, bukan salah satu dari kedua belas murid Yesus?

Saudaraku yang terkasih. Bila kita renungkan, mengapa Yesus baru muncul ketika Petrus dan Yohanes pulang ke rumah. Padahal bisa saja Yesus menampakan diri ketika ketiganya masih ada dikubur itu. Mengapa Maria Magdalena menjadi orang yang mendapat kasih karunia menjadi orang pertama yang melihat Yesus bangkit? Apa yang membuat Yesus tergerak untuk menemui Maria Magdalena? Ada beberapa hal yang bisa kita lihat dan pelajari dari seorang Maria Magdalena sehingga menjadi seorang yang istimewa di hadapan Tuhan.

Pertama: Maria Magdalena menyadari kasih karunia Tuhan

Memang tidak banyak dicatat dalam Alkitab mengenai pribadi Maria Magdalena. Namun kita bisa mengetahui siapa Maria Magdalena dari catatan Injil Lukas. Dalam (Lukas 8:2) Disebutkan bahwa Maria Magdalena merupakan seorang perempuan yang dibebaskan Yesus dari tujuh roh jahat.

Maria Magdalena mengalami jamahan Tuhan dan dibebaskan dari tujuh roh jahat. Bisa kita bayangkan bagaimana kondisi Maria Magdalena sebelum mengalami kuasa Tuhan. Tentu keadaannya sangat buruk. Namun ketika dia ditolong Tuhan Yesus dan dibebaskan dari ikatan roh jahat, maka Maria menjadi seorang yang sangat bersyukur. Maria Magdalena menyadari kasih karunia Tuhan dalam hidupnya. Sikap seperti inilah yang dimiliki Maria Magdalena. Dia menyadari sepenuhnya anugerah dan kasih karunia Tuhan. Inilah yang membuatnya setia mengiring Yesus. Bagaimana dengan kita? Pernahkah kita mengalami dan menyadari jamahan kuasa Tuhan dalam hidup kita? Sadarkah kita bahwa kita adalah orang berdosa yang Tuhan selamatkan? Hiduplah dalam Kasih Karunia Tuhan.

Kedua: Maria Magdalena terlibat aktif dalam pelayanan

Hal kedua yang membuat Maria Magdalena menjadi seorang yang istimewa di hadapan Tuhan adalah kesetiaannya dan keterlibatannya dalam pelayanan Tuhan. Dalam (Lukas 8:3) disebutkan, Maria Magdalena dan beberapa rekan perempuan yang lain melibatkan diri dalam pelayanan Yesus dan murid-murid-Nya. Maria Magdalena bukan hanya menyadari kasih karunia Tuhan dalam hidupnya, tetapi dia juga melibatkan diri secara aktif dalam pekerjaan pelayanan yang Yesus lakukan. Dia bersama beberapa perempuan lainnya membantu pelayanan rombongan Yesus melalui kekayaannya. Maria Magdalena melayani pekerjaan Tuhan dengan segala yang dia miliki dan dengan segala apa yang dapat dikerjakan bagi pekerjaan Tuhan.

Ketiga: Maria Magdalena Senantiasa Mencari Tuhan

Hal ketiga yang patut kita teladani dari Maria Magdalena adalah sikapnya yang senantiasa mencari Tuhan. Maria Magdalena tidak hanya berhenti dengan menyadari kasih karunia Tuhan, mengucap syukur dengan melibatkan diri dalam pelayanan, namun dia juga terus menerus mencari Tuhan.

Ketika Yesus ditangkap, diadili dan disiksa bahkan sampai disalibkan, Maria Magdalena senantiasa ada dan mengikuti Yesus. Ketika murid-murid Yesus tercerai berai dan meninggalkan Yesus, maria Magdalena tetap mengikuti Yesus. Bahkan sampai Yesus telah mati dan dikuburkan, Maria Magdalena masih mencari Yesus. Ketika Maria Magdalena melihat kubur Yesus kosong, Maria tetap berada di sana untuk mencari Yesus.

Bagaimana dengan hidup kekristenan kita? Adakah kita mencari Tuhan karena kita mengasihi Tuhan dan tidak mau kehilangan Tuhan? Atau kita mencari Tuhan hanya sekedar untuk minta pertolongan dan berkat dari Tuhan? Kalau kita melihat perjalanan kehidupan iman dari seorang Maria Magdalena, maka kita akan menyadari mengapa dia begitu istimewa dihadapan Tuhan sehingga dia menjadi orang pertama yang menyaksikan Yesus bangkit dari antara orang mati sekalipun belum waktunya bagi Yesus untuk menampakan diri pada waktu itu.

Saudaraku yang terkasih. Mari kita belajar untuk menyadari kasih karunia Tuhan yang telah menyelamatkan kita dari dosa, mari kita mengucap syukur atas karunia Tuhan dengan terlibat aktif dalam pelayanan untuk-Nya.

Doa: Ya Tuhan. Kuatkanlah hati hambamu ini, supaya kiranya hambamu ini selalu melakukan kebenaran Firman-Mu setiap waktu.

Posting Komentar untuk "Teladan Iman Maria Magdalena | Renungan Motivasi Kristen "