Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbeda Dengan Yang Lain | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

Berbeda Dengan Yang Lain

Bacaan Alkitab: (Amsal 11:14-25)

“Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.”

Salah satu karyawan bagian pemasaran dari sebuah perusahaan swasta membuka rahasia suksesnya dalam menghadapi tes dan wawancara. Ia menyisihkan puluhan orang pesaingnya. Sekilas ia tampak biasa-biasa saja. Namun setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata pihak perekrut meluluskannya karena alasan yang jarang ditemui, yaitu sikap dan komitmennya yang sungguh luar biasa.

Dalam sesi wawancara dan dalam mengisi lembar jawaban pertanyaan tertulis, ia menambahkan jawabannya antara lain jika nantinya berhasil diterima untuk bekerja di perusahaan ini, ia bersedia untuk tidak mendapat gaji selama tiga bulan, dengan alasan ingin menunjukkan kinerja terlebih dahulu. Apabila selama tiga bulan hasil kerjanya tidak memenuhi syarat dengan target yang sudah ditetapkan, ia bersedia untuk diberhentikan tanpa harus menerima gaji, apalagi pesangon. Namun, apabila selama tiga bulan itu ternyata hasil kerjanya memuakan pihak manajemen, ia pun tidak menuntut bayaran gajinya dalam tiga bulan pertama. Selain itu, ia pun meminta gaji dan fasilitas lainnya dengan tidak muluk-muluk, hanya sesuai standar yang berlaku di perusahaan.

Saudaraku, sekarang ini banyak orang yang melamar pekerjaan dengan cara merengek meminta dibelas kasihani atau dengan cara-cara yang biasa. Mereka malah mematok gaji yang diinginkan, secara tidak rasional ditambah lai permintaan yang muluk-muluk. Sikap demikian tentulah tidak akan mendapatkan simpati dari pihak perusahaan. Belum bekerja saja sudah banyak tuntutan, apalagi nanti setelah menjadi karyawan, tentunya akan lebih merepotkan lagi. “Tetapi barang siapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercaya dari padanya akan lebih banyak dituntut.” (Lukas 12:48).

Apabila kita mempergunakan cara yang tidak umum atau berprinsip bahwa lebih baik bekerja dulu dan mau berkorban, pihak perusahaan akan menaruh perhatian yang khusus lantaran sifat kita yang luar biasa dan berbeda dari pelamar yang lainnya. Orang yang demikian tentu tidak bersedia dikasihani, tetapi perlu dihargai.

Adalah sangat baik apabila sikap tersebut diterapkan dalam hubungan kita kepada Tuhan. Janganlah kita hanya merengek, meminta, mengharap, menuntut, tanpa terlebih dahulu menunjukkan sikap yang terbaik dalam melayani Tuhan, berperilaku baik kepada orang tua, suami, istri, anak bahkan siapa saja yang kita temui. Lebih baik kita menunjukkan kerja yang nyata di hadapan Tuhan terlebih dahulu sehingga menyenangkan hati Tuhan. Dengan demikian, sudah pasti tanpa meminta pun Tuhan akan memberikan upah yang sesuai dengan jeri payah kita dalam pekerjaan dan pelayanan. “Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab orang pekerja patut mendapat upahnya. Jangan berpindah-pindah rumah.” (Lukas 10:7)

Doa: Ya Tuhan. Kiranya hambamu ini, selalu menjadi yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang hamba lakukan.

Post a Comment for "Berbeda Dengan Yang Lain | Renungan Motivasi Kristen "