Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teruslah Bersikap Sabar | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

TERUSLAH BERSIKAP SABAR

Bacaan Alkitab: (Ibrani 6:12)
Agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.

Pada zaman sekarang ini semua orang menyukai segala sesuatu yang serba instan.  Dalam hal makanan saja orang lebih memilih makanan yang cepat saji  (instan)  dibanding harus repot-repot memasak.  Dalam hal bekerja inginnya cepat dapat pekerjaan yang hebat, ingin cepat dapat gaji besar, ingin cepat naik jabatan, dan sebagainya.  

Apa-apa maunya serba instan, kalau bisa tidak perlu kerja keras, tidak perlu usaha mati-matian, tidak perlu merasakan beratnya suatu proses.  Sungguh, tak banyak menemukan orang-orang yang punya kesabaran untuk menunggu, kesabaran untuk menjalani proses. Inilah suatu kelemahan manusia yang seharusnya tidak dilakukan, sebab Alkitab juga menjelaskan bahwa untuk mencapai sesuatu itu harus berproses atau melewati berbagai tantangan dan masalah dan disinilah kesabaran kita akan diuji. “Sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenaan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar.” (Koloses 1:10-11).

Ketika kita telah berjalan dengan iman. Kita telah mempercayai Tuhan untuk memenuhi kebutuhan kita, tetapi apakah yang kita lakukan bila hasilnya sepertinya lambat datang dan kita tergoda untuk menyerah karena putus asa? Tetapla bersikaplah sabar!. “Bersukacitalah dalam pengharapan, bersabaralah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa.” (Roma 12:12).

Pada hari-hari ini, tidak banyak dibicarakan orang tentang kesabaran. Tetapi bila sampai pada urusan menerima sesuatu dari Tuhan, kesabaran itu sama pentingnya dengan iman.

Kesabaran akan menentukan perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan bagi kita. Kesabaran memperkuat dan menopang iman sampai hasilnya dinyatakan. Setelah kita merenungkan janji-janji Tuhan dan percaya dengan sungguh, kesabaran akan mendorong kita untuk terus bertahan dalam segala kondisi hidup. Kesabaran adalah kuasa. Ia memiliki ketabahan untuk menolak dusta iblis yang menyatakan bahwa Firman itu tidak berhasil bagi kita. Ia mengetahui bahwa firman Tuhan tidak pernah gagal, melainkan akan mencapai puncak.  Kesabaran takan melangkah surut karena ketakutan, melainkan akan terus maju dalam iman sampai kita memperoleh jawabannya.

Belajarlah sabar dari Abraham dan sarah. Tuhan berjanji kepada Abraham bahwa ia menjadi bapak bagi banyak bangsa walaupun saat itu ia bersama istrinya, Sarah, belum memiliki anak. Abraham tidak menunjukan kesabaran yang utuh. Namun Tuhan, memberitahu kepadanya agar tetap menunggu waktu yang tepat. Janji Tuhan kepadanya di nantikan oleh Abraham bersama istrinya dalam waktu yang panjang. Hingga dalam usianya yang ratusan tahun, akhirnya mereka memiliki anak, Tuhan itu baik, Ia penuh kasih. Walaupun kita tampak kurang sabar. Namun Tuhan mendidik kita dengan caranya yang ajaib agar kita tetap menjadi orang yang setia dan sabar. Abraham dan Sarah menjadi tokoh yang perlu dijadikan teladan bagi kita. Menanti dengan sabar akan waktu Tuhan tentu mendatangkan sesuatu yang ajaib dan mengejutkan kita dengan kebahagiaan.

Percayalah bila hasil dari iman kita selalu lambat tiba atau tak kunjung datang, janganlah menyerah. Teruslah mengutamakan Firman, menantilah dengan penuh kesabaran dan kepercayaan yang sungguh, maka kita pasti akan menerima janji Tuhan. “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” (Amsal 16:32).

Doa: Ya Tuhan. Ajarilah aku ini untuk menjadi pribadi yang tetap sabar dalam menjalani hidup ini.


Post a Comment for "Teruslah Bersikap Sabar | Renungan Motivasi Kristen"