Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai Aktivitasmu Dengan Doa | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

MULAI AKTIVITASMU DENGAN DOA 

Bacaan Alkitab: (1 Tesalonika 5:17-18)

“Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Menjalani kehidupan sebagai manusia biasa, sudah pastinya akan selalu mendapatkan berbagai tantangan hidup yang datang sili berganti dalam kehidupan yang kita jalani. Tantangan yang datang adalah suatu kepahitan yang membuat kita kadang begitu lelah dan merasa sudah tidak ada harapan lagi untuk menjalani kehidupan ini.

Tahukah kita, mengapa kita sering dijumpai dengan tantangan atau pergumulan? Jawabannya adalah mungkin diri kita yang sering lupa berdoa setiap pagi sebelum memulai aktivitas yang panjang. Ya, berdoa kepada Tuhan adalah suatu keharusan, dan berdoa adalah suatu ungkapan hati yang diucapkan secara pribadi, baik bersifat pergumulan serta rasa syukur kepada Tuhan. 

Mengapa kita harus setiap pagi berdoa bagi Tuhan? Sebab kita hanyalah manusia biasa yang tidak mampu berjalan sendiri, hidup kita adalah sementara, kita tidak bisa melakukan sesuatu sendiri, melainkan harus ada campur tangan Tuhan. Ketika kita berdoa pada pagi hari, itu berarti kita merasa hidup sungguh tidak berdaya untuk dijalani, itu tandanya kita mau mengakui kelemahan dan keterbatasan kita kepada Tuhan. 

Melalui pengakuan dalam doa, tanpa sadar kita telah membuka peluang Tuhan Yesus hadir dalam setiap aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari. 

Namun pada kenyataannya manusia masa kini sangat sulit untuk mengawali hari dengan berdoa, banyak yang terjadi justru melupakan Tuhan pada saat bangun dari tidur malam. Coba tanyakan pada diri kita. Manakah yang lebih sering terjadi apabila mata kita terbuka dari tidur lelap sepanjang malam, handphone ataukah Tuhan yang terutama? Mungkin 20 persen orang didunia ini akan menjawab Tuhan, yaitu melakukan doa. Tetapi sekitar 80 persen dengan jujur akan mengatakan handphone.

Inilah suatu kesalahan yang mampu dipikirkan dengan logika namun sangat sulit untuk ditinggalkan. Cara inilah yang tanpa sadar menduakan Tuhan dan membuat Tuhan murka atas kehidupan kita.

Saudaraku, marilah perbiasakan diri kita untuk memulai hari dengan berdoa, kebiasaan ini adalah suatu kebaikan yang mendatangkan kebahagiaan, mengapa demikian? Karena kebahagiaan adalah milik orang-orang yang taat dalam doa.

Kebaikan yang dimaksud adalah akan ada hal-hal ajaib yang diberikan Tuhan kepada kita, untuk menunjang kebahagiaan pada diri kita. Itulah sebabnya doa orang benar sungguh besar kuasanya.  "Doa orang benar bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya." (Yakobus 5:16b).

Inilah suatu bukti bahwa hidup manusia haruslah tetap berdoa, apalagi sebelum melakukan setiap aktivitas, harusnya memanjatkan doa kepada Tuhan. Memang benar, dengan berdoa belum tentu kita akan bebas dari tantangan dan pergumulan hidup secara total, tetapi percayalah hidup kita akan menjadi terarah dan terlindungi dari marabahaya yang sering menjumpai kehidupan kita. 

Jika hari ini hidupmu banyak tantangan coba lihatlah, apakah dirimu sudah selalu menaikan doa kepada Tuhan? Jika belum, maka marilah perbiasakan diri untuk selalu berdoa kepada Tuhan setiap hari sebelum memulai aktivitas. 

Percayalah akan ada berkat penyertaan kepadamu, walaupun pekerjaan serta aktivitasmu terlihat begitu berat untuk dilakukan sebagai seorang manusia biasa. "Dia memberikan kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya." (Yesaya 40:29).

Mari, belajarlah berdoa setiap pagi sebelum memulai aktivitasmu, percayalah, hidupmu akan menjumpai mujizat-mujizat Tuhan dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Doa: Ya Tuhan. Ciptakan suatu kebiasaan dalam diriku untuk selalu panjatkan doa kepada-Mu.


Post a Comment for "Mulai Aktivitasmu Dengan Doa | Renungan Motivasi Kristen"