Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketekunan Menuju Keberhasilan Yang Sempurna | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

KETEKUNAN MENUJU KEBERHASILAN

Bacaan Alkitab: (Mazmur 1:1-2)

“Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi kesukaannya ialah taurat Tuhan, dan merenungkan taurat itu siang dan malam.”

Percayakah anda jika ketekunan akan mengalahkan kecerdasan untuk meraih keberhasilan? Mungkin 30 persen orang di dunia akan mengatakan ya, tetapi sekitar 70 persen akan tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Hal ini mereka katakan karena hanya melihat hasil yang didapatkan seseorang tanpa mengetahui proses yang dilakukan seseorang dalam mencapai keberhasilan. “Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.” (Ibrani 10:36).

Untuk mencapai suatu keberhasilan atau berada pada posisi puncak memang tidak ada jalan pintas. Semua harus dilakukan dengan langkah pertama dengan segala upaya yang sekuat tenaga, sebab orang akan dikatakan gagal jika ia telah menyerah. Kunci keberhasilan dari orang-orang sukses adalah mereka tidak mudah menyerah untuk tetap berjuang, mereka mengatur waktu dengan baik, membuat jadwal pekerjaan dan tidak menghabiskan waktu untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, dan inilah yang dinamakan ketekunan.

Banyak tokoh-tokoh Alkitab yang keberhasilannya didapatkan oleh buah ketekunannya dalam menjalani hidup, walaupun telah diperhadapkan dengan berbagai cobaan hidup. Ketekunan ialah kunci utama meraih suatu keberhasilan. “Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.  Sesungguhnya kami menyebut mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.” (Yakobus 5:10-11). Ketekunan merupakan kesungguhan dalam menjaga komitmen untuk tetap berusaha meski banyak godaan untuk menyerah datang, bagaikan banyaknya pasir di pantai. Tanpa ketekunan seseorang akan kehilangan rasa percaya diri untuk tetap berjuang. Lantas bagaimanakah ketekunan dapat dibentuk dalam diri seseorang? Ada dua point penting untuk membentuk ketekunan menjadi sahabat setia kita.

Point pertama adalah melalui kesengsaraan. Kadang Tuhan mengizinkan kesulitan atau kesengsaraan dalam hidup kita, tapi tahukah anda, itu semua dilakukan Tuhan untuk membentuk pribadi kita yang lebih kuat dan tekun bagi Dia. “Dan bukan hanya itu saja, kita malah bermegah juga dalam kesengsraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan.” (Roma 5:3).

Point yang kedua adalah melalui ujian iman, ketekunan juga dapat dibentuk melalui pengujian iman, oleh karena itu Tuhan kadang memberikan cobaan dan ujian tanpa henti, inilah alasan Tuhan untuk membuat kita semakin lebih tekun dalam menjalani hidup ini. “Sebab kamu tahu, ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.” (Yakobus 1:3).

Saudaraku, marilah kita memperbiasakan diri untuk menjadi pribadi yang tekun dalam segala keadaan hidup. Ingatlah, semua orang yang berhasil pada bidangnya, dimulai dengan suatu ketekunan yang tetap komitmen dalam segala keadaan hidup. Percayalah kita semua telah dirancangkan Tuhan untuk mendapatkan keberhasilan, namun rancangan Tuhan akan menjadi berhasil apabila ada upaya yang terus terbangun dari dalam diri kita. ”Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11).

Doa: Ya Tuhan. Jadikanlah hambamu ini tekun dalam segala keadaan hidup, sehingga dapat mencapai tujuan hidup.

 


Post a Comment for "Ketekunan Menuju Keberhasilan Yang Sempurna | Renungan Motivasi Kristen "