Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Janganlah Kamu Takut | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

JANGANLAH KAMU TAKUT 

Bacaan Alkitab: (Mazmur 27:1)

“Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?” 

Dalam menjalani hidup ini sudah pastinya setiap orang akan diperhadapkan dengan berbagai tantangan dam masalah hidup. Siapapun dia pasti akan mengalami hal tersebut. Itulah realita hidup sebagai manusia yang tidak akan mungkin ada dalam suatu keadaan yang paten saja selama dia hidup di dunia ini. Hal inilah yang dimaksudkan Raja Salomo melalui tulisannya dalam kitab (Pengkhotbah 3:1 dan 4) “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun dibawa langit ada waktunya. Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari.”

Keadaan hidup yang tidak paten inilah yang membuat manusia sangatlah kuatir akan dirinya, mereka selalu mencari cara atau solusi untuk tetap menghindar dari berbagai masalah dan tantangan. Tetapi semua percuma, inilah suatu ketetapan Tuhan bahwa setiap orang akan ada pada masa dan waktunya dalam hidup ini. Terjadinya perubahan suatu keadaan hidup dari bahagia ke tidak bahagia adalah suatu keaadan yang sangat menyakitkan bagi kehidupan orang percaya. Namun apakah kita harus tetap takut dan kuatir jika masalah hidup menjadi sahabat kita? Tentu jawabannya adalah tidak, sebab Tuhan begitu mencintai anak-anak-Nya, Dia tidak akan melepaskan genggaman tangan-Nya apabila kita semua ada dalam masalah hidup yang berat. “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” (Mazmur 23:4).

Bukti lain yang menegaskan bahwa janganlah pernah takut dan kuatir untuk menjalani hidup ini, dibuktikan dengan banyaknya kata “jangan takut” yang tertulis sebanyak 365 kali di dalam Alkitab. Jika sebanyak itu tertulis dalam Alkitab maka artinya setiap hari penyertaan Tuhan akan selalu hadir dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, karena jumlahnya sama seperti satu tahun kalender kehidupan yang kita gunakan. “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut:”    (Mazmur 46:2-3).

Memang benar keadaan hidup yang terpuruk seperti masalah keuangan, pekerjaan, serta masalah keluarga, akan membuat kita sering menanyakan dimanakah janji-Nya kepada kita sebagai ciptaan yang percaya kepada Dia. Inilah bentuk manusiawi kita, akan tetapi janganlah kita larut dalam kekuatiran dan ketakutan. Semua percuma, yang harus kita lakukan adalah tetap percaya bahwa ada Tuhan Yesus yang sanggup mengubah masalah menjadi berkat, dukacita menjadi sukacita, kesedihan menjadi kebahagiaan. Inilah janji-Nya kepada kita, namun prosesnya harus kita lewati dengan penuh ketaatan dan kesetiaan. Sama seperti bangsa Israel yang mengalami proses panjang dari Tuhan, sebelum mereka keluar untuk menuju tanah perjanjian. Begitu juga kehidupan kita. Ketaatan dan kesetiaan didalam Tuhan harus menjadi prioritas utama ketika ada dalam berbagai masalah yang dihadapi, sebab itulah cara kita percaya dan menghargai Tuhan. Sehingga pada waktunya Dia akan mengantikan semua masalah menjadi suatu kebahagiaan. “Bukankah telah kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.” (Yosua 1:9)

Doa: Ya Tuhan. Hambamu percaya bahwa setiap masalah hidup yang dialami, ada Engkau yang setia menolongku.


Post a Comment for "Janganlah Kamu Takut | Renungan Motivasi Kristen "