Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah Tuhan Setiap Waktu | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

CARILAH TUHAN SETIAP WAKTU 

Bacaan Alkitab: (Esra 8:22b)

“Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamatan mereka, tetapi kuasa murka-Nya menimpa semua orang yang meninggalkan Dia.”

Firman Tuhan mengatakan “carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu” (1 Tawarikh 16:11). Apa sebenarnya yang dimaksud dengan  mencari Tuhan  itu? Mencari Tuhan artinya berusaha untuk mengalami Tuhan di dalam perjumpaan dengan Allah yang hidup dan nyata, serta berjalan bersama dengan Dia setiap hari. Jadi, mencari Tuhan itu usaha kita untuk mengalami Tuhan dalam perjumpaan dengan Tuhan yang hidup, Tuhan yang nyata, serta berjalan dengan Tuhan setiap hari. Dalam hal mencari Tuhan, pada dasarnya sama dengan berusaha untuk mengerti apa yang Tuhan kehendaki dan apa yang Tuhan rencanakan untuk kita lakukan dan kita penuhi dalam hidup ini. Tentu kehendak dan rencana Allah dalam hidup masing-masing orang itu berbeda. Maka, setiap orang, setiap individu, harus menemukan apa kehendak Allah dalam hidupnya masing-masing, dan apa yang Allah rencanakan dalam hidupnya untuk dipenuhi. “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28).

Dalam hal mencari Tuhan, sebagai orang percaya kita harus belajar dari kisah hidup  Raja Daud, ia menyadari dengan benar betapa pentingnya memiliki persekutuan yang karib dengan Tuhan. Daud menyadari di sepanjang hidupnya dia mengalami teramat banyak pertolongan dan kasih Tuhan, sehingga hatinya senantiasa dipenuhi ucapan syukur dan kerinduan untuk menceritakan perbuatan Tuhan kepada orang lain. Serunya, “Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa! Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!” (1 Tawarikh 16:8-9). Daud juga tidak lupa untuk membimbing anaknya (Salomo) untuk lebih mengenal Tuhan dan beribadah kepada-Nya dengan sungguh-sungguh agar Salomo terus mencari Tuhan dengan tulus seperti dirinya. Bahkan Daud juga memberikan suatu pesan yang berarti bagi Salamo “Dan engkau, anak Salomo, kenallah Allah ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.”(1 Tawarikh 28:9).

Apa yang disampaikan Daud kepada anaknya Salomo, juga bagi segenap umat Tuhan di dunia ini. Selagi Tuhan berkenan ditemui, biarlah kita mencari Dia setiap waktu, karena apabila kita meninggalkan-Nya, Dia akan membuang kita untuk selama-lamanya. Sungguh tidak bisa dibayangkan bagaimana keadaan kita bila Tuhan sampai membuang kita. Kita tidak dapat hidup tanpa Tuhan; setiap saat, setiap hari, sepanjang hidup kita memerlukan-Nya, bukan saja ketika susah, tetapi juga saat semuanya berjalan baik, kita harus mencari dan tetap memerlukan Dia.

Inilah nafas hidup orang percaya, yaitu tidak dapat terpisah dari Tuhan. Kita harus memprioritaskan Tuhan dalam kehidupan ini; bukan harta, kekayaan, pangkat, atau ketenaran. Melainkan membutuhkan persekutuan dengan-Nya setiap waktu, jangan menjadi penodong belaka yang meminta paksa kepada Tuhan ketika kita butuh pertolongan, ketika sakit barulah mencari Tuhan, keadaan hidup tidak stabil baru mengingat dan mencari Tuhan, namun ketika keadaan hidup dalam kebahagiaan lupa untuk mencari Tuhan. Inilah suatu kesalahan manusia yang harusnya ditinggalkan. Marilah kita mencari Tuhan setiap waktu, apapun kondisi hidup kita, tetaplah mencari Dia, karena dia mencintai orang yang selalu mencari Dia.

Doa: Ya Tuhan. Biarlah hidup hambamu ini, selalu berkenaan di hadapan-Mu.

Posting Komentar untuk "Carilah Tuhan Setiap Waktu | Renungan Motivasi Kristen"