Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rusia-Ukraina Lagi Tegang "Ayo Ketahui Fakta Unik Kekristenan Di Rusia" | Motivasi Kristen

motivasikristen.com

Rusia adalah negara terluas di benua Eropa sekaligus di dunia. Negara yang dikenal dengan negara adidaya ini, merupakan negara yang memiliki pengaruh paling besar di dunia, baik dalam dunia pendidikan, kesehatan dan keamanan.

Tapi tahukah anda, Rusia juga memiliki fakta unik dan menarik seputar Kekristenan yang harus anda ketahui. Apa saja hal unik dan menar ik tersebut. Nah, berikut ini 5 fakta Unik Kekristenan dari negara Rusia.

1. Penganut Agama Kristen Terbanyak Di Dunia

Rusia adalah negara yang terletak di bagian Eropa Timur. Negara tersebut  juga merupakan negara paling luas di dunia. Bahkan Rusia adalah negara dengan mayoritas Kristen Orthodox dan juga negara dengan umat Kristen Orthodox terbanyak di dunia.

Nmaun pada dahulu saat Rusia bergabung dengan uni soviet mereka merupakan negara komunis yang melarang praktik beragama, tetapi setelah Uni Soviet hancur, Rusia sudah tidak lagi menjadi ateis dan mayoritas warganya memeluk Kristen Orthodox.

Nama gereja/aliran Orthodox di negara ini adalah Russian Orthodox Church.Saat ini di Rusia,pemerintah sedang erat eratnya berhubungan dengan Gereja Orthodox karena sang Presiden,Putin memiliki hubungan dekat dengan pemimpin Russian Orthodox Church,Patriach Kirill.Saat ini di Rusia,73% penduduknya beragama Kristen dan 71% nya menganut aliran Orthodox.

2. Negara Mayoritas Kristen Yang Memiliki Wilayah Terluas Di Dunia

Negara terbesar di dunia adalah Rusia. Data tersebut telah dirilis lembaga lembaga survey dunia. Total luas negara Rusia yaitu 17,098 juta km persegi. Luas negara Rusia ini termasuk perairan dan danau Baikal, danau air tawar dengan volume terbesar di dunia.

Luas daratan Rusia sendiri mencapai 16,376 juta km persegi, sekitar 11 % daratan dunia. Dengan daratan seluas ini, Rusia menjadi negara terbesar di dunia baik berdasarkan luas daratan maupun luas total area.

3. Seluruh Presiden Beragama Kristen

Presiden Rusia adalah kepala negara dan pejabat tertinggi di dalam Pemerintahan Rusia. Kekuasaan Eksekutif berada di tangan Presiden dan Perdana Menteri sebagai pemerintahannya. Presiden Rusia saat ini adalah Vladimir Putin.

Namun tahukah anda dari terbentuknya pemerintahan Rusia, atau awal berdirinya negara Rusia semua kepala negara selalu Bergama Kristen. Inilah hal unik yang terjadi di negara Rusia sampai saat ini.

4. Gereja Terbanyak Di Dunia

Menghitung jumlah gereja yang ada saat ini adalah tugas yang sulit. Pada 1990-an, Gereja Ortodoks Rusia secara resmi dipulihkan dan menurut data resmi terbaru pada tahun 2022, kini ada lebih 21.000 gereja dan tempat ibadah lainnya, seperti katedral dan kapel, serta hampir seribu biara. Sementara di seluruh dunia, ada lebih dari 38.000 gereja di bawah otoritas Gereja Ortodoks Rusia.

Namun, jumlah tersebut belum termasuk gereja yang tidak melayani kebaktian, seperti Katedral St. Basil di Lapangan Merah yang telah menjadi museum.

5. Gereja Termegah Di dunia

Setelah memiliki gereja terbanyak di dunia, ternyata Rusia juga memiliki gereja dengan bangun termegah di dunia menurut data terbaru tahun 2022.

Gereja Katedral Kristus Sang Juru Selamat merupakan katedral terbesar gereja Ortodoks Rusia sekaligus gereja  dengan bangunan termegah di dunia yang terletak di Moskow.

Katedral ini dapat menampung hingga 30.000 orang.  Gereja Katedral Kristus Sang Juru Selamat adalah replika dari katedral yang dibangun pada tahun 1882, yang dibuat untuk menghormati kemenangan Kekaisaran Rusia atas Prancis Napoleon.

Demikianlah 5 fakta Kekristenan unik dan menarik dari negara Rusia. Semoga bermanfaat informasinya untuk kita semua. Tuhan Yesus memberkati kita semua Amin. 


1 comment for "Rusia-Ukraina Lagi Tegang "Ayo Ketahui Fakta Unik Kekristenan Di Rusia" | Motivasi Kristen "

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.