Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kehidupan Di Bumi Adalah Sebuah Ujian | Motivasi-Kristen

motivasikristen.com

Metafora kehidupan terlihat dalam kisah-kisah di dalam Alkitab, Tuhan selalu menguji ciptaan-Nya, melalui karakter, iman, ketaatan, kasih, integritas, dan kesetiaan manusia.

Kalau kita membaca seluruh isi Alkitab kita akan mengetahui kata-kata seperti cobaan, godaan, serta ujian disebutkan lebih dari 200 kali dalam Alkitab.

Tuhan menguji Abraham lewat anaknya, yang harus dipersembahkan Ishak sebagai korban persembahan yang benar.

Bahkan Tuhan juga menguji Yakub ketika ia harus bekerja keras supaya bisa meluluhkan hati Rahel istrinya. 

Adam dan Hawa gagal dalam ujian ketika berada di taman eden, serta Daud gagal dalam ujian dari Tuhan dalam beberapa kesempatan. 

Akan tetapi Alkitab juga banyak mencatat orang-orang yang berhasil melewati berbagai ujian besar dalam hidupnya, seperti Yusuf, Rut, Ayub, dan Daniel.

Karakter manusia akan berkembang pesat hanya melalui ujian, dan seluruh kehidupan adalah ujian. 

Tuhan terus menerus mengamati respon anda terhadap orang lain, masalah, sukses, konflik, serta kekecewaan!

Ia bahkan melihat perbuatan sekecil dan sederhana, seperti anda mengangkat orang yang jatuh, atau ketika anda bersikap sopan terhadap teman sekerja di kantor.

Kita tidak tahu semua ujian yang akan Tuhan berikan kepada kita, namun kita bisa memprediksi sebagian berdasarkan Alkitab.

Anda akan diuji melalui perubahan yang besar, janji yang tertunda, masalah yang begitu besar, bahkan tragedi yang tidak masuk akal. Dalam hidup ini, saya sendiri telah mengalami dan melihat bahwa Tuhan sedang menguji saya.

Saudaraku, ketika anda mengerti bahwa hidup adalah suatu ujian, maka anda akan menyadari bahwa tidak ada yang tidak penting atau berarti dalam kehidupan anda.

Kejadian sekecil apapun mempunyai arti penting untuk perkembangan karakter anda. Setiap hari itu berarti, dan setiap detik adalah kesempatan untuk bertumbuh untuk memperdalam karakter anda, menunjukan kasih kepada Tuhan.

Sebagian ujian kelihatannya datang bertubi-tubi, sedangkan yang lain bahkan tidak anda perhatikan. Tetapi semuanya mempunyai implikasi kekal.

Kabar baiknya adalah Tuhan menginginkan anda lulus dalam ujian-ujian hidup, sehingga Ia tidak pernah membiarkan ujian yang anda hadapi melebihi anugerah yang Ia berikan kepada anda untuk menghadapinya.

Alkitab mengatakan "Tuhan memegang janji-Nya, dan Ia tidak akan membiarkan engkau diuji melebihi kekuatanmu untuk tetap teguh; saat engkau menghadapi ujian, Ia akan memberimu kekuatan untuk menahannya, dan memberikan jalan keluar."

Saudaraku, setiap kali anda berhasil dalam ujian, Tuhan akan membuat rencana-rencana yang besar untuk memberikanmu upah dunia serta sorgawi.

"Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia." (Yakobus 1:12). Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.


Post a Comment for "Kehidupan Di Bumi Adalah Sebuah Ujian | Motivasi-Kristen "