Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Membaca Alkitab | Motivasi-Kristen

 

Sumber Gambar : ayo-pa.org

Sebagai orang percaya, pastinya segala sesuatu diatur dalam hari-hari hidupnya, artinya bahwa orang Kristen dalam melakukan sesuatu harusnya bedasarkan Alkitab yang merupakan buku di atas segala buku di dunia ini, atau buku pedoman bagi orang percaya. 

Namun mirisnya, banyak orang Kristen yang sama sekali tidak mempunyai waktu untuk membuka dan membaca Alkitab dalam hidupnya, Ya, mungkin ketika persekutuan-persekutuan kelompok, barulah membuka dan membaca Alkitab, tetapi ketika di rumah tidak mempunyai inisiatif sendiri untuk membaca Alkitab.

Inilah suatu realita yang selalu terjadi dalam kehidupan manusia. Namun pantaskah kita terus seperti demikian? Pastinya tidak pantas, sebab Alkitab merupakan buku pedoman dalam kehidupan orang Kristen. 

Sehingga membuka dan membaca Alkitab setiap hari adalah suatu keharusan bagi kita orang percaya. Dalam Tulisan Motivasi-Kristen kali ini, penulis ingin memberitahukan mengapa kita harus rajin membaca Alkitab setiap harinya. Adapun alasannya sebagai berikut:

1. Alkitab Memberikan Penguatan 

Salah satu keuntungan ketika kita rajin membaca Alkitab adalah kita akan semakin mengerti kehendak Tuhan dalam kehidupan kita, setelah kita mengerti maka akan semakin kuat dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Sehingga ketika kita diperjumpakan dengan masalah atau pergumulan hidup yang berat, kita akan tetap kuat dalam menghadapi setiap persoalan hidup tersebut. Hal ini pasti terjadi karena Tuhan selalu memberkati orang yang suka membaca dan melakukan Firmannya.

Alkitab mengatakan dalam Kitab (Roma 8:28)."Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

2. Alkitab Memberikan Petunjuk 

Dengan rajin membaca Alkitab, pastinya kita akan mengerti apa yang Tuhan kehendaki untuk kehidupan anak-anak-Nya. Artinya bahwa kita akan diberikan petunjuk manakah yang harus kita lakukan dan yang tidak harus kita lakukan, dan inilah suatu kebaikan bagi kita orang percaya, sebab jika hidupnya mampu berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan maka berkat dari Tuhan akan selalu menjadi bagian dalam kehidupan kita.

Alkitab mengatakan dalam Kitab (Mazmur 112:1-3). "Haleluya! berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka dengan segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; Angkatan orang benar-benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada di dalam rumah, kebajikan tetap untuk selamanya."

3. Alkitab Melengkapi dan Memperbaiki

Alasan yang paling ditekankan kepada orang percaya adalah untuk memperbaiki bahkan untuk melengkapi kehidupan manusia dalam menjalani hari-hari hidupnya. Melengkapi artinya bahwa, dapat memberikan pedoman bahwa hidup harusnya seperti Yesus, bukan menurut kemauan diri kita sendiri, dan memperbaiki artinya bahwa katika kita telah berada pada jalur yang salah, maka Alkitab akan memberikan petunjuk untuk segerah berbalik kepada kebenaran dalam Yesus Kristus.

Firam Tuhan mengatakan dalam Kitab (2 Timotius 3:16-17). "Segala tulisan yang ilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik."

4. Alkitab Memberikan Kelegaan Bagi Yang Berbeban Berat

Dengan membaca Alkitab, tentunya kita akan mengerti semua kehendak Tuhan dalam kehidupan kita, salah satu alasan mengapa kita harus membaca Alkitab adalah, Alkitab dapat memberikan kelegaan kepada kita, pada saat ada dalam beban hidup yang berat. Hal ini bisa terjadi karena di dalam Alkitab banyak bunyi Fiman Tuhan yang memberikan penyejukkan bahkan kelegaan bagi orang yang berbeban berat.

Firman Tuhan mengatakan dalam Kitab (Matius 11:28-30). "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapatkan ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

5. Alkitab Memberikan Semangat Untuk Berjuang

Menjalani hidup sebagai manusia biasa, pastinya akan mendapatkan kegagalan dalam menemukan kesuksesan yang diharapkan, namun kegagalan yang biasanya didapati akan membuat seseorang cenderung berhenti untuk berjuang, hal ini mungkin karena dirinya kurang membaca Firman Tuhan. Ya, benar, sebab salah satu manfaat kita rajin membaca Alkitab adalah, dapat memberikan semangat yang kokoh untuk kembali berjuang dalam menemukan impian yang diharapkan. 

Dengan rajin membaca Alkitab tentunya hidup kita akan mendapatkan semangat dari Tuhan untuk kembali berjuang. Sebab Tuhan akan selalu memberkati orang-orang yang selalu rajin membaca Firmannya. 

Alkitab mengatakan dalam Kitab (Matius 6:33). "Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

Demikianlah beberapa alasan mengapa orang Kristen harus rajin membaca Alkitab, ingatlah kita, Firman Tuhan adalah Ya dan Amin, sehingga semua yang tertulis didalam Alkitab pastinya akan terjadi. Sehingga sebagai orang percaya, marilah kita membangun kebiasaan hidup yang suka membaca bahkan belajar dari isi Firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati orang-orang yang taat kepada-Nya. Amin

2 comments for "5 Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Membaca Alkitab | Motivasi-Kristen"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.