Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlihatkan Rasa Jengkelmu | Renungan Motivasi Kristen

www.motivasikristen.com

"Jia amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar."

 (Pengkhotbah 10:4)

Ketika hidup di kota besar seperti Jakarta, diperlukan kesabaran yang ekstra, karena lalu lintas dari hari ke hari semakin padat.

Kemacetan terjadi dimana-mana, terlebih lagi pada hari kerja. Ditambah lagi permasalahan hidup yang dihadapi oleh sebagian besar penduduk di kota Jakarta berupa kebutuhan sehari-hari yang kian bertambah.

Pada suatu ketika seorang lelaki mudah datang kepada pamannya yang kebetulan adalah seorang yang terkenal bijak dalam menghadapi permasalahan.

Ia pun bertanya "Paman, sesuai nasihat paman, setiap hari dalam menghadapi berbagai permasalahan yang tidak nyaman saya harus bersikap sabar.

Setiap berangkat kerja saya berdoa dan bertekad jika berada di jalan dan di tempat kerja saya harus selalu menahan amarah.

Namun, sebelum sampai di kantor setiap harinya saya arus berhadapan dengan keadaan lalu lintas yang macet. Hal itu membuat saya merasa jengkel. Bagaimana cara menghilangkan rasa jengkel itu?

Mendengar pertanyaan itu sang paman pun segera menjawabnya dengan bijak "Sikap jengkel adalah manusiawi. Coba sekarang perlihatkan rasa jengkelmu kepada paman". 

Ponakannya menjawab. "Kalau sekarang kejengkelannya sudah tidak ada lagi, Paman pun menanggapi. "Ketahuilah  ponankanku, kejengkelan itu bersifat sementara dan situasional. Biasanya perasaan jengkel akan segara hilang apabila situasi yang tidak kamu inginkan berubah menjadi seperti yang kamu kehendaki."

Singkat kata kakeknya pun memberikan suatu kalimat motivasi "Hadapilah semua yang terjadi dengan selalu bersabar dalam segala hal. "Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa." (Roma 12:12).

Sahabat motivasi kristen. Semua manusia pasti hanya ingin menghadapi hal-hal yang menyenangkan, tetapi tidak mau menghadapi permasalahan, sekecil apa pun itu. 

Namun pada kenyataannya, hidup tidaklah selamanya menyenangkan dan tanpa permasalahan. Selama masih hidup di dunia ini, kita pasti memiliki permasalahan sekecil apa pun.

Karena itu, kita dituntut untuk berlaku bijak dalam menghadapi setiap permasalahan hidup yang muncul.

Hanya dengan bersikap bijaklah kita dapat mengatasi semua permasalahan kita dengan senantiasa bersabar dalam segala hal.

Hanya dengan kesabaranlah kita mampu mengubah hal yang menjengkelkan menjadi suatu hal yang biasa, bahkan menjadi hal yang menyenangkan.

"Jia amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar." (Pengkhotbah 10:4). Tuhan memberkati kita. Amin. 

 

Posting Komentar untuk "Perlihatkan Rasa Jengkelmu | Renungan Motivasi Kristen"