Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kita Lebih Berharga | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

KITA LEBIH BERHARGA

Bacaan Alkitab : (Markus 5:13)

” Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh- roh jahat itu dan memasuki babi- babi itu. Kawanan babi yang kira- kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang kedalam danau dan mati lemas di dalamnya”

Sahabatku yang terkasih, dalam perkembangan dunia yang modern yang semakin maju ini banyak anak muda yang jatuh ke dalam dosa, kenapa?

Pertama: Tidak peka dengan cara Tuhan, yang mendatangkan damai sejaterah.

Kedua: Tidak peka dengan cara iblis yang menjerumuskan (misalnya : Cinta uang, cinta buta terhadap pasangan, merasa tidak layak sehingga malu datang kepada Tuhan dan terus-menerus hidup dalam dosa, dan lain-lain)

Jika kita membaca dan mempelajari seluruh perikop firman Tuhan dalam (Markus 5:1-20), di sana kita akan menemukan gambaran orang yang dikuasai iblis.

(Markus 5:2-5) “Baru saja Yesus Turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dan pekuburan menemui Dia. Orang itu diam disana dan tidak ada seorang pun yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, karena sudah sering ia di belenggu dan di rantai, tetapi rantainya diputuskan dan belenggunya dimusnakan, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakannya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan dibukit- bukit sambil berteriak- teriak dan memukui dirinya dengan batu”.

Ia berteriak-teriak menunjukan bahwa ia di kuasai oleh kesombongan dan memukul dirinya menunjukan sebuah penyesalan dan merasa tidak layak atau tidak berharga di mata Tuhan.

Namun ketika Yesus datang di tempat itu, iblis tau hanya Yesus yang bisa membebaskan orang itu dari belenggu iblis sehingga ia memohon kepada Tuhan untuk tidak mengusirnya dari daerah itu tetapi memindahkannya kepada kawanan babi.

Ketika roh-roh jahat yang mengikat orang itu berpindah ke 2000 ekor babi. Hal itu menunjukan bahwa manusia lebih berharga dari harta dunia.

Dari gambaran tersebut kita bisa melihat bahwa iblis sangat tahu keberadaan kita bahwa kita adalah orang-orang yang berharga.

Itu sebabnya iblis berusaha menggagalkan rencana Tuhan dalam hidup kita dengan memberikan kita roh kesombongan dan roh intimidasi sehingga kita terus menerus merasa tidak layak.

Lalu bagaimana cara agar kita terlepas dari tipu daya iblis?

Pertama: Jangan mengulur-ulur waktu untuk mengambil tindakan melepas diri dari dosa. Jika kita hidup dalam dosa, dosa merupakan sesuatu yang nikmat.

Begitu banyak anak muda yang hebat dalam pelayanan, yang mendedikasikan hidupnya untuk melayani Tuhan tapi masih tetap jatuh dalam dosa karena masih mengulur-ngulur waktu untuk melepas diri dari dosa.

Sehingga pelayanan yang dilakukan hanya sebuah topeng atau sandiwara untuk menutupi kehidupan yang masih ada dalam dosa.

Kedua: Datang pada Yesus. Terkadang saat kita merasa tidak layak, kita tidak mau datang kepada Tuhan. Karena takut dihakimi Tuhan dan yang lebih sring terjadi kita takut datang kepada Tuhan setelah melakukan dosa karena kita takut akan penilaian manusia.

Padahal bagaimanapun keadaan kita Tuhan selalu menunggu kita untuk kembali kepada-Nya.

Ketiga: Menyadari dengan sungguh bahwa kita berharga. Ketika Yesus mati dikayu salib mengubah status kita dari orang berdosa menjadi orang kudus.

Yang tadinya tidak berharga namun lewat karya-Nya di atas kayu salib kita menjadi berharga. Itu sebabnya kita harus ingat dan mengerti dengan baik bahwa dosa apapun yang pernah kita lakukan tidak akan pernah mengubah nilai atau status keberhargaan kita di hadapan Tuhan.

Keempat: ketika kita sudah menyadari bahwa kita berharga di manapun maka layanilah Tuhan. melayani Tuhan tidak hanya sebatas berada dalam gereja atau pelayanan-pelayanan gerejawi yang kita lakukan tetapi pelayanan yang sesungguhnya adalah pelayanan yang berasal dari diri kita sendiri.

Menjadi berkat melalui perbuatan, perkataan dan kehidupan kita sehari-hari sehingga Tuhan dipermuliakan lewat hidup kita itulah pelayanan yang sejati. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.  

Doa:

Ya Tuhan. Mampukan lah aku untuk dapat mempermuliakanMu lewat hidupku ini.

Posting Komentar untuk "Kita Lebih Berharga | Renungan Motivasi Kristen "