Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Mempertahankan Iman | Renungan Motivasi Kristen

motivasikristen.com

RAHASIA MEMPERTAHANKAN IMAN 

Bacaan Alkitab: (Ibrani 11:6)

“Tetapi tanpa  iman tidak mungkin orang berkenaan kepada Allah. Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.”

Pada saat pertempuran antara Inggris dan Jerman dalam perang dunia II, kita melihat prajurit dari kedua negara cukup bekerja keras dan rela mempertaruhkan nyawa hanya untuk memperebutkan suatu kemenangan. Setelah perang itu berakhir ada suatu pernyataan yang keluar dari mulut seorang pendeta di Inggris. “Perjuangan yang banyak memeras tenaga dan pikiran bukan hanya milik para prajurit militer yang sedang bertugas di medan pertempuran, tetapi juga berlaku di dalam peperangan rohani” Orang Kristen perlu menyadari hal ini dan turut mengambil bagian dalam perjuangan yang nyata untuk membangun benteng pertahanan iman yang kokoh.

Dalam berusaha untuk menjaga sesuatu sering kali lebih berat dibandingkan usaha untuk mendapatkan sesuatu. Biasa awalnya penuh semangat, tetapi secara perlahan semangat itu memudar takalah ia telah mendapatkan apa yang diinginkannya. Hal itu juga berlaku dalam kehidupan orang percaya. Mengganti iman itu mudah, namun untuk mempertahankannya perlu bersandar kepada Allah.
Menerima Yesus sebagai Juru Selamat adalah sebuah langkah iman. Karena Kristus adalah dasar iman setiap orang percaya. Sebab itu, janganlah kita menghilangkan kepercayaan kepada-Nya.

Namun di era moderen ini, banyak sekali kita mendengar dan melihat orang percaya yang mudah meninggalkan Yesus untuk berpaling ke dalam kepercayaan lainnya. Inilah suatu masalah yang berat, lantas apakah rahasia bagi kita orang percaya untuk tetap mampu mempertahankan iman kepada Yesus?

Pertama-tama tentunya untuk dapat memahami bagaimana iman yang benar di dalam Tuhan yaitu dengan rajin membaca firman Allah. Dengan baca Alkitab maka mata kita akan dibukakan tentang iman akan keselamatan dan kasih karunia yang Tuhan berikan melalui penebusan di kayu salib. Inilah dasar kepercayaan umat Kristen, yaitu iman bahwa Tuhan telah mati di kayu salib untuk pengampunan dosa dalam Kristen dengan menebus dosa manusia supaya manusia memperoleh Kerajaan Allah yang telah dijanjikan sejak awal mula dunia dijadikan.

Kedua rajin bersekutu. Kita harus selalu sempatkan waktu untuk bersekutu dengan Allah. Dalam hal ini yaitu tetap datang pada cara beribadah agama Kristen setiap minggu dan usahakan untuk memiliki waktu datang pada persekutuan doa atau berkumpul dengan teman-teman seiman. Hal ini akan membantu supaya lebih menguatkan iman kita dan tidak terpengaruh oleh hal duniawi maupun godaan iblis. Dengan tetap bersekutu maka akan membuat lebih dekat dengan Allah dan selalu memiliki iman yang jauh lebih baik di kemudian harinya.

Ketiga Menjauhi Kejahatan. Kemudian cara untuk memperkuat iman menurut agama Kristen termasuk berusaha menjauhi dosa dan kejahatan. Selalu minta bantuan karunia Roh Kudus untuk dapat melalui berbagai pencobaan. Sehingga selalu mendapat kekuatan untuk memiliki iman yang teguh kepada Allah. Dengan tuntunan Roh Kudus maka hati kita akan semakin didekatkan kepada Allah.

Saudaraku ketiga point tersebut pastinya ampuh apabila  kita dengan sungguh dan percaya bahwa kita adalah anak Tuhan yang tidak pantasnya meninggalkan Dia. Ingatlah janji Yesus apabila kita mampu mempertahankan iman kepada Dia sampai dia datang kembali. “Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6).

Doa: Ya Tuhan. Jahuilah hambamu ini dari segala yang jahat. Hambamu ingin menjadi pengikut-Mu yang setia.

                                                    

Post a Comment for "Rahasia Mempertahankan Iman | Renungan Motivasi Kristen"