Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengelola Emosi Pada Saat Dalam Masalah | Motivasi-Kristen



Sumber Gambar : tamasia.co.id


Emosi adalah suatu reaksi tubuh  pada diri dalam menghadapi situasi tertentu. Sifat dan intensitas emosi biasanya terkait erat dengan aktivitas kognitif (berpikir) manusia sebagai hasil persepsi terhadap situasi.


 Berdasarkan pengertian dari emosi diatas maka dapat disimpulkan bahwa emosi sangat berperan dalam menentukan bagaimana seseorang dalam mampu mengelola dirinya dalam menghadapi suatu masalah hidup.


Dalam artikel ini penulis ingin menjelaskan bagaimana cara seseorang dalam mengelola emosi pada saat ada dalam suatu masalah hidup.

 

1.     Berpikir Positif

      Dengan berpikir positif kita akan mampu untuk menjaga stabilitas emosi diri kita, ingat bahwa emosi akan teratasi jika diri seseorang mampu untuk mengendalikan emosi yang ada pada dirinya pada saat ada dalam keadan yang terpuruk. artinya bahwa dengan kita berpikir positif dalam segala hal, maka kita akan mampu mencari solusi dalam menghadapi suatu masalh.


2.    Memiliki sikap Mengampuni Yang Besar

Ketika seseorang ada dalam masalah, tentu untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan cara mengelola emosi diri, namun ketika seseorang yang mampu mengelola emosi dirinya dengan baik, tentu dirinya memiliki sikap mengampuni ang besar pada orang yang telah membuat dirinya ada dalam masalah.


3.    Mempunyai Kedewasaan Diri Yang Tinggi

Emosi seseorang berbeda-beda, namun cara untuk mengatasi emosi pada saat ada dalam masalah, adalah hal yang harus dilakukan dengan cara yang benar, cara yang benar adalah dengan menganggap suatu masalah adalah ujian terhadap kedewasaan diri, mengapa demikian karena banyak dari sebagian orang yang menganggap bahwa masalah yang datang adalah untuk meningkatkan kedewasaan diri.


4.    Jadikan Perbedaan Pendapat Adalah Hal Yang Biasa

Menjalani hidup sebagai makhluk sosial kadang kala kita memiliki perbedaan dalam berbgai pemikiran tentang sesuatu, untuk itu tak heran banyak kita yang terbawa emosi pada saat perbedaan pendapat dalam berbagai hal, namun  cara yang harus kita lakukan adalah dengan menjadikan suatu perbedaan pendapat adalah hal yang biasa saja agar kita tidak terbawa emosi pada saat perbedaan pendapat dengan orang lain


5.   Menjadikan Masalah Adalah Proses Awal  Menuju Keberhasilan

         Setiap orang yang hidup didunia ini tidak terlepas dari suatu masalah hidup, namun untuk mampu keluar dari masalah tersebut adalah dengan cara dirinya menjaga emosi,  caranya adalah dengan menjadikan suatu masalah adalah awal untuk proses menuju suatu keberhasilan, karena dengan adanya masalah, kita akan mengetahui, cara untuk menghadapinya.

 

 KEBERHASILAN EMOSI AKAN TERLIHAT KETIKA KITA ADA DALAM SUATU MASALAH DAN BAGAIMANA CARA KITA DALAM MENGHADAPINYA


1 comment for "Cara Mengelola Emosi Pada Saat Dalam Masalah | Motivasi-Kristen"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.